Pages

2011/01/02

LiteStep



Artikel sebelumnya: Tutorial dan Perangkat lunak untuk membuat tampilan desktop windows anda terlihat lebih canggih

Bila bbLean terpengaruh oleh BlackBox, maka LiteStep terpengaruh oleh AfterStep. Awalnya, LiteStep adalah sebuah aplikasi open source yang dirancang untuk menstimulasikan window manager untuk X Window system.

Sama seperti bbLean, LiteStep juga sudah memiliki komunitasnya sendiri. Yang artinya dukungan berupa theme, plugin, dan lain sebagainys duah teredia banyak. LiteStep bisa di download dari litestep.net dengan file berukuran 4,73 MB. Selain itu, pastikan juga di Windows Anda sudah terinstal Microsoft Visual C++ 2005 Redistributable Package, dan Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable Package. Keduanya bisa anda download secara gratis dari alamat url http://bit.ly/2UK5Aa dan http://bit.ly/MkvMb

1.Jalankan installer LiteStep. Di bagian Prerequisities akan terlihat apakah Anda sudah menginstal Microsoft Visual C++ 2005 Redistributable Package dan Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable Package. Jika keduanya anda tanda silang, itu berarti Anda belum menginstalnya. Segera lakukan instalasi kedua komponen itu.

2.Setelah proses instalasi LiteStep kembali dilanjutkan, di bagian Evar setting, pilih aplikasi-aplikasi yang menjadi aplikasi default untuk masing-masing objek. Misalnya, untuk Audio player Anda ingin menggunakan Winamp, maka di bagian audio player, arahkan ke file executable milik Winamp.

3.Lanjutkan instalasi LiteStep hingga selesai, dan Anda akan mendapatkan tampilan awalnya pada desktop anda.

Jika diperhatikan, tampilan awal desktop yang disajikan LiteStep sangat tidak menarik. Sekarang saatnya kita coba untuk menginstal theme buat LiteStep. Theme untuk LiteStep bisa anda download dari ls-themes.org. Saat mengisntal theme, pastikan koneksi Internet dalam keadaan aktif, karena LiteStep membutuhkannya untuk mendownload langsung plugin yang dibutuhkan.

1.Download theme yang Anda inginkan. Sebagai contoh saya memilih theme bernama Zero Mass dengan ukuran file 7,01 MB.

2.Klik kanan, dan pilih LiteStep, Change themes, Install theme.

3.Di jendela yan muncul, klik Install a download theme.

4.Arahkan ke file theme yang baru di download. Jika file theme yang Anda download itu bukan berupa ZIP atau dalam format RAR, maka ubah dulu menjadi ZIP.

5.Di jendela yang muncul, klik Install & Switch.

6.Lalu akan muncul jendela Net LoadModule. Di sinilah LiteStep akan mendownload plugin-plugin yang dibutuhkan untuk theme itu. Klik Download.

7.Tutup jendela Net-LoadMoule, dan Anda akan mendapat tampilan yang baru.

Bosan dengan LiteStep, dan ingin kembali ke desktop standar milik Windows? Tenang, caranya gampang sekali.

1.Klik kanan, dan pilih LiteStep, Utilities, LOSS – Set your shell.

2.Pilih Explorer, beri centang pada Logoff dan Apply.

3.Restart komputer, dan akan kembali seperti semula.

4.Bila ingin kembali ke tampilan Lite-Step, klik icon Set LiteStep as Shell.


- - - - - - - - - - - - -- - - - - -

AfterStep. Windows manager untuk X Windows System. Ide awalnya didasari oleh interface milik NextStep yang menyediakan desktop elegan dan bersih. Versi teranyar AfterStep adalah versi 2.2.9 yang dirilis Juli 2009.
Microsoft Visual C++ 2005 Redistributable Package. Paket aplikasi yang akan mengisntal komponen Runtime milik Visual C++, agar bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang idbuat dengna menggunakan visual C++. Paket ini diperlukan apabila di komputer tersebut belum terinstal Visual C++.
Runtime. Saat ketika sebuah aplikasi sedang berjalan. Runtime mendeskripsikan operasi dari sebuah aplikasi dan durasi eksekusinya. Runtime juga diguankans ebagai istilah ringkas ketika merujuk pada sebuah runtime library, sebuah program atau library dari kode dasar yang diguankan oleh sebagian bahasa computer untuk menjalankan sebuah program yang ditulis dalam bahasa tertentu.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...