Pages

2011/01/02

bbLean



Artikel sebelumnya: Tutorial dan Perangkat lunak untuk membuat tampilan desktop windows anda terlihat lebih canggih

Bagi pengguna Linux atau UNIX, mungkin istilah Blackbox sudah tidak asing lagi. Blackbox adalah windows manager untuk X Window System. Salah satu kelebihan dari windows manager ini adalah tampilannya yang minimalis. bbLean adalah sebuah aplikasi freeware yang terinspirasi dari si Blackbox ini. bbLean bisa anda download dari bb4win.net dengan file berukuran 403 KB.

Penasaran ingin tahu tampilannya seperti apa? Ikuti saja panduan berikut dibawah ini :

1.Instal bbLean seperti biasa, dan klik start untuk memulainya.

2.Setelah itu, tampilan desktop Anda akan berubah.

3.Untuk mengakses start menu seperti di Windows, Anda bisa meng-klik kanan di sembarang tempat.

Apakah hanya ini saja kelebihannya? Tentu tidak. bbLean didukung oleh komunitasnya berupa berbagai macam plugin yang memiliki fungsi tersendiri. Dengan plugin-plugin itu, Anda bisa menampilkan kalender sampai ramalan cuaca. Fungsinya mirip dengan Windows Sidebar milik Windows Vista.

Berikut di bawah ini akan saya uraikan cara memanfaatkan plugin-plugin tersebut.

1.Download plugin yang Anda inginkan di xoblite.net. Sebagai contoh, saya akan menggunakan plugin bernama BBnettraffic 0.0.4 yang berfungsi untuk menampilkan informasi lalu lintas data masuk/keluar melalui jaringan.

2.Setelah di download, ekstrak, lalu taruh di dalam folder plugin tempat Anda mengisntal bbLean. Dalam contoh saya ada di C://bbLean/plugins.

3.Lalu, klik kanan di desktops, dan pilih BlackBox, Configuration, Plugins, Add Plugin.

4.Arahkan ke file DLL milik plugin ayng tadi kita ekstrak.

5.Setelah itu, Plugin itu akan muncul

Setelah puas bermain-main dengan plugin yang dibutuhkan, sekarang saatnya memodifikasi skin bbLean. Sebab tidak komplit apabila sebuah apliakasi untuk memodifikasi desktop tidak bisa diganti-ganti skin-nya.

1.Cari skin untuk bbLean di boxshots.org. Atau kalau Anda ingin mendownload seluruh skin yang ada di boxshots.org bisa melalui link boxshots styles dengan ukuran file 2,56 MB. Dalam contoh ini, saya memilih skin bernama assassin.

2.File skin ini berupa file tunggal yang tidak memiliki extension. Taruh file itu di dalam folder styles milik bbLean. Dalam contoh saya adalah C:\bbLean\styles.

3.Lalu, klik kanan, dan pilih Styels, nama skin.

4.Maka hasilnya akan terlihat.

5.Agar lebih selaras lagi, pemilihan wallpaper yang tepat tentu dibutuhkan. Taruh file gambar yang ingin dijadikan wallpaper di folder backgrounds milik bbLean. Dalan contoh saya ada di C:\bbLean\backgrounds.
6.Kemudian, jalankan command prompt lewat Start, Programs, Accessories, command prompt.

7.Di dalam command prompt, pindahkan prompt-nya ke direktori bbLean, dan tulis perintah: bsetroot – full*backgrounds\nama_gambar.jpg*.

8.Wallpaper akan langsung berubah.

Asyiknya bbLead adalah aplikasi yang tidak menimpa desktop standar milik Windows yang sudah ada. Oleh karena itu, setiap anda me-restart komputer, maka tampilannya akan kembali kepada standar milik Windows. Jika ingin bblean yang muncul kembali sebagai desktop Anda, maka lakukanlah langkah-langkah berikut di bawah ini.

1.Klik kanan pada desktop, dan pilih pada BlackBox, Install/Uninstall.

2.Pilih opsi BlackBox, dan klik Set & Logout.

3.Restart computer Anda.

Lalu, bagaimana kalau bosan dan ingin kembali ke desktop standar milik Windows ?

1.Jalankan kembali command prompt, dan masuk ke direktori bbLean.

2.Ketik perintah Blackbox – uninstall.

3.Akan muncul kembali jendela bsetshell,d an kali ini pilih Explorer.

4.Restart komputer Anda, dan desktop akan kembali ke semula.


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Blackbox. Windows manager untuk X Window System akan dibuat dengan menggunakan C++. Blackbox diciptakan oleh Bradley T.Hughes dan tersedia di bawah lisensi MIT. Versi terakhir Blackbox adalah 0.70.1 yang diriis pada November 2005.
X Window System. Lingkungan grafik yang kompleks untuk sistem UNIX. X Windows system pada mulanya dikembangkan di MIT. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1984. Sekarang hampir seluruh workstation UNIX di dunia menggunakan varian X Windows System untuk system GUI )Graphical User Interface). Versi gratis X Window System di MIT adalah Xversi 11, rilis 6 (X11R6) untuk 80386/80486/Pentium dikembangkan oleh tim programmer yang awalnya diketuai oleh Dave Waxeblat.
Windows Sidebar. Komponen Windows Vista yang berisikan apliaksi mini atau dikenald engan gadget yang berbasiskan pada kombinasi script dan html. Sidebar ini bila diaktifkan muncul di sisi kanan layar, dan berguna untuk menampung aplikasi-aplikasi kecil (applet). Applet ini dalam Windows disebut gadget. Beberapa gadget yang disertakan misalnya jam, RSS Reader, dan kalender.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...