Pages

2011/02/01

Narrator : biarkan komputer membaca untuk Anda

Artikel sebelumnya: Mengatur ukuran penglihatan yang cocok di windows Anda

Fitur berikut ini bisa sangat membantu pengguna Windows yang tuna netra. Narrator pada dasarnya adalah sebuah aplikasi text to speech atau screen reader yang sudah ada di Windows Vista maupun XP dan 7. Narrator akan membacakan aktivitas anda yang sedang aktif. Namun perlu diingat, bahwa fitur ini tidak bisa digunakan untuk semua bahasa. Jadi hanya men-supporting versi Inggris. Tidak tahu deh kalau anda sudah menyetel bahasa untuk windows Anda.

Untuk Windows Vista

1.Buka Ease of Access Center, dan klik Start Narrator.

2.Lalu lakukan segala aktivitas, maka si Narrator akan langsung membacakan apa yang sedang Anda lakukan sat itu. Sebagai contoh, sat saya membuka sebuah folder H:/Keras/Iron Maide – Brave New World yang berisi file MP3, makaNarrator akan otomatis membacakan nama-nama file yang ada di dlaam folder tersebut.

3.Begitu jusa saat Anda melakukan aktivitas seperti menekan tombol Shift, mengklik tombol Save dan sebagainya, si Narrator juga akan membacakannya untuk Anda.

4.Tapi bila si Narrator membacakan semua aktivitas yang sedang dilakukan, tentu pendengarnya akan bingung karena tidak bisa focus. Oleh karena itu, Narrator bisa di setting untuk focus ke aksi-aksi tertentu. Di dalam jendela Narrator, pilih salah satu opsi ini:


  • Echo User’s Keystrokes: Jika Anda menginginkan narrator membacakan dengan keras apa yang ditulis.
  • Announce System Messages. Jika ANda menginginkan Narrator membacakan dengan keras pesan dari Windows.
  • Annouce Scroll Notifications: jika ingin Narrator memberitahukan Anda saat layar di scroll

5.Jika Anda merasa suara si Narrator terlalu cepat, volumenya terlalu besar, atau nadanya terlalu tinggi, hal tersebut bisa diatur lewat menu Preferences, Voice Settings.

6.Di dalamnya atur Speed, Volume, dan Pitch, sesuai dengan selera Anda.

Untuk Windows XP

1.Klik Start, All Programs, Accessories, Accessibility, dan terakhir klik Narrator

2.Atau cara lebih mudah untuk membuka Magnifier dengan menggunakan keyboard, tekan Ctrl + Esc, setelah itu lepas dan tekan R (Windows + R). Ketik Narrator dan tekan Enter


Pasti ada yang bertanya, apakah suara si Narrator bisa diganti dengan yang lain? Menurut informasi yang saya cari di Internet, ada yang bilang bisa diganti dengan enginetext to speech pihak ketiga atau aplikasi. Tapi saya sendiri belum sempat mencobanya. Pertanyaan kedua tentu saja, apakah Narrator bisa mebaca tulisan dalam bahasa Indonesia? Tidak bisa juga. Lalu, apa untungnya? BUat yang sedang belajar bahasa Inggris, ANda bisa mendapatkan pelatihan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dari Narrator ini.

Sebagai informasi, suara yang ada di Narrator itu dikenal sebagai Microsoft Anna, yang menggantikan tugas dari Microsoft Sam (Control panel – Speech) yang ada di Windows XP .

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Text to Speech. Sistem berbasis komputer yang mengubah masukan teks menjadi ucapan berdasarkan gabungan dari segmen-segmen fonetik teks. Sistem TTS bersifat language dependent atau bergantung pada bahasa, sehingga tidak dapat diadaptasikan dengan mudah untuk bahasa lain.

Microsoft Anna. Suara yang dipakai dalam teknologi text to speech di Windows Vista dan Windows 7. Microsoft Anna adlaah pengganti Microsoft Sam yang menjadi suara default di Windows XP dan Windows 2000. Microsoft Anna menggunakan suara wanita dan dirancang untuk lebih alami daripada Microsoft Sam yang menggunakan suara pria.

2 comments:

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...