Pages

2011/02/01

Speech Recognition

Artikel sebelumnya: Mengatur ukuran pergerakan yang cocok di windows Anda

Anda pernah nonton film seri TV Kenight Rider? Di film itu ada sebuah mobil yang dilengkapi dengan computer canggih yang bisa menuruti, dan bahkan berinteraksi dengan pengendaranya. Teknologi seperti itu pada dasarnya menggunakan apa yang kita kenal sebagai Speech Recognition. Dimana computer bisa megenali apa yang kita ucapkan di dalam bahasa tertentu.

Di Windows, fitur ini juga sudah ada di dalam Ease of Access Center, dan sangat membantu bagi penguna yang tidak bisa bergerak sama sekali. Pengguna hanya perlu mengucapkan perintah, dan kmputer akan melaksanakannya.

Untuk Windows Vista

1.Buka Control Panel, dan pilih Speech Recognition Options.

2.Selanjutnya, pilih Set up microphone.

3.Pilih jenis mic yang Anda gunakan. Klik Next

4.Ucapkan kata-kata yang ditampilkan. Bagian ini berfungsi untuk menyesuaikan volume mic Anda. Klik Next lalu Finish.

5.Kembali ke opsi sebelumnya, kini pilih Take Speech Tutoriall

6.Akan uncul sebuah wizard yang sudah memanfaatkan fitur Speech Recognition. Jadi di sini, Anda sudah tidak memerlukan mouse lagi (walaupun masih aktif). Hanya dengan mengucapkan kata atau perintah yang diminta.

7.Anda bisa mempelajari teknik penggunaan Speech Recognition ini di Windows dengan menjalankan menu-menu yang ada di bagian bawah. Di sini, Anda akan diajari bagaimana caranya membuka file, menjalankan menu, dan lain-lain.

8.Untuk daftar lengkap perintah-perintah yang bisa dilakukan, silahkan buka windows.microsoft.com atau http://bit.ly/2Y5i7Y

Untuk Windows XP

1.Pada control panel, pilih menu Speech

2.Pada tab Speech Recognition, terdapat daftar bahasa yang dapat diaktifkan. Pilih the active engine pada daftar pilihan bahas.

3.Pilih new engine

4.Klik OK atau Apply untuk menyetujui pembuatan new engine

Sama seperti Narrator, Speech Recognition saat ini hanya bisa mendukung bahasa-bahasa, seperti Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, Jepang, dan Mandarin. Jadi untuk memanfaatkan fitur ini, pengucapan kata-kata dalam bahasa Inggris Anda harus bagus.


Informasi lebih lanjut

Microsoft.com

Command in Speech Recognition

http://bit.ly/2Y5i7Y

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...