Pages

2011/02/01

Sticky Keys

Artikel sebelumnya: Mengatur ukuran pergerakan yang cocok di windows Anda

Secara tidak sadar, Anda pasti pernah menekan tombol shift sebanyak 5 kali, dan tiba-tiba muncul sebuah jendela peringatan. Itu adalah peringatan untuk mengaktifkan sebuah fitur bernama Sticky Keys. Di satu sisi, hal ini menyebalkan, tapi di sisi lain bisa menjadi fitur yang sangat membantu.

Sticky Keys adalah sebuah fitur yang mulai diperkenalkan di Windows 95, dan berfungsi membantu pengguna yang memiliki keterbatasan fisik yang tidak bisa menekan beberapa tombol sekaligus, contohnya menekan tombol “salam 3 jari” alias Ctrl+Alt+Del.

Untuk Windows Vista

1.Buka Ease of Access Center, dan klik Make the keyboard easier to use

2.Aktifkan opsi Turn on Sticky Keys, dan klik Set up Sticky Keys.

3.Selanjutya, aktifkan semua opsi yang ada di Setu up Sticky Keys, kecuali Turn of Sticky Keys when two keys are pressed at once. Lalu, klik save.

4.Di system tray akan muncul icon baru berbentuk 4 kotak berwarna putih.

5.Kotak itu akan berubah menjadi warna hitam, apabila salah satu dari tombol Shift, Ctrl, Windows, dan Alt ditekan Posisinya seperti ini.

6.Sebagai contoh, tombol yang paling sering ditekan adalah tombol Ctrl, misalnya untuk menyimpan (Ctrl + S), untuk copy (Ctrl + C), dan lain sebagainya. Apabila Sticky Keys diaktifkan, maka untuk melakukan operasi copy. Anda cukup menekan tombol Ctrl sekali dan diikuti dengan tombol C, tanpa harus keduanya ditekan berbarengan.

Untuk Windows XP

1.Klik Start, klik Control Panel, dan klik 2x Accessibility Options

2.Pada Menu Accessibility Options, pilih tab Keyboard. Beri centang pada Use stick keys, tentukan pilihan stick keys yang akan ditampilkan pada menu setting.

3.Atau cara yang lebih sederhana dengan menggunakan keyboard. Cukup anda menekan tombol SHIFT sebanyak 5x secara berurutan.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...