Pages

2010/09/04

Mengenal Apple Lossless lebih dekat

Developer: Apple, Inc.
Website: http://www.apple.com
.


Artikel sebelumnya: Mengenal lebih dekat beragam Audio Codec

Apple Lossless (juga dikenal sebagai Apple Lossless Encoder, ALE, atau Apple Loassless Audio Codec, ALAC) merupakan suatu codec yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk kompresi data musik digital yang bersifat lossless. Ekstensi untuk file audio dengan format Apple Lossless adalah .m4a, dan semua iPod player yang dapat menjalankan file dengan format Apple lossless ini. Apple mengklaim bahwa file audio yang dikompres dengan menggunakan codec Apple lossless akan menghasilkan ukuran separuh dari aslinya. Pengujian dengan menggunakan beberapa jenis musik menunjukkan bahwa file dapat terkompresi sebesar 40% - 60%, dan kecepatan men-decode-nya cukup baik, terutama untuk perangkat limited power seperi iPod. Saat ini, Apple Lossless mendukung audio 16 dan 24-bit, serta multi channel audio.

Encoder Apple Lossless kali pertama diperkenalkan sebagai komponen pada QuickTime 6.5.1 pada bulan April 2004, dan fitur ini dilanjutkan pada iTunes 4.5. Yang menarik, pada bulan Maret 2005, dua orang software engineering, David Hammerton dan Cody Brocious, melakukan analisis terhadap teknologi codec Apple Lossless ini tanpa dokumentasi apapun tentang Apple Lossless. Mereka berhasil membuat suatu decoder dalam bahasa C untuk menjalankan file dengan format Apple Lossless, dan dirilis dalam versi open source.

Beberapa software player yang dapat menjalankan file format Apple Lossless, diantaranya adalah VLC Media Player dan MPlayer.

VLC Media Player
MPlayer

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...