Pages

2010/11/21

Proses Pembuatan Aplikasi Portabel

.


1. Jalankan ThinApp Setup Capture dari Start menu.

2.Sampai di jendela ini, pastikan tidak ada aplikasi lain yang jalan selain ThinApp

3.Klik Next, dan ThinApp akan melakukan proses scanning. Tunggu hingga selesi, dan muncul sebuah jendela.


4.Dengan jendela tersebut masih aktif, sekarang lakukan proses instalasi aplikasi yang ingin diportabelkan. Setelah itu lakukan proses instalasi aplikasi tersebut seperti biasa.

5.Setelah proses instalasi apliaksi yang ingin diportabelkan selesai, kembali ke jendela ThinApp Setup Capture yang tadi masih aktif. Klik Next. ThinApp kembali melakukan proses scanning. Tunggu hingga selesai.

6.Lalu, akan muncul opsi entry point. Di sini, Anda harus menentukan file exe mana yang menjadi file utama aplikasi yang ingin anda portabelkan.

Namun pada umumnya, file exe ini sudah otomatis dipilih langsung olh ThinApp. Klik Next

7.Di jendela berikutnya pada opsi Sandbox location, pilih USB flash, dan klik Next.

8.Berikutnya, pilih opsi Merge isolation mode.

9.Di jendela berikutnya, pilih opsi Fast Compression. Tunggu prosesnya hingga selesai.

10.Selanjutnya, klik tombol Build Now, dan tunggu prosesnya hingga 100% selesai.

11.Sekarang, klik pada Browser Project.di dalam Windows Explorer yang terbuka, cari folder bernama bin. Di dalam folder itulah terdapat aplikasi portabel yang sudah jadi, dan siap digunakan.

12.Untuk mengujinya, copy file itu ke flash disk atau kemanapun Anda suka karena itu adalah aplikasi portabel. Coba jalankan di Windows lain. Saat dijalankan di pojok kanan bawah desktop, akan muncul tampilan Launching aplikasi yang diportabelkan.exe

Sama seperti MojoPac, secara teori Anda bisa memprotabelkan aplikasi apa saja. Cuma ada beberapa batasan di mana ebuah apliaksi tidak bisa diportabelkan.
  • Aplikasi yang membutuhkan driver tertentu agar bisa bekerja. Contohnya seperti aplikasi untuk scanner atau printer.
  • Aplikasi yang menggunakan proteksi berbasis hardware. Contohnya, aplikasi yang menggunakan MAC address tertentu.
  • Antivirus dan firewall.
- - - - - -- - -- - - - - - - - - -- - - - -


MAC address
. Media Access Control Address adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah mode tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, Mac address merupakan alamat yan gunik dengan memiliki panjang 48bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau mode lainnya dalam jarignan MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...