Pages

2010/08/28

Windows 7 : Penjadwalan proses Defragment Disk

Mempercepat kinerja
.


Bagi Anda yang sering meng-copy dan menghapus file berukuran besar dalam harddisk, mungkin defragmentasi merupakan hal yang perlu dilakukan.

Sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan proses defrag setiap sebulan sekali. Secara sederhana, hal ini bertujuan untuk memelihara dan mempercepat kinerja harddisk komputer. Tapi, jika Anda malas untuk melakukannya secara manual, Windows 7 menyediakan fasilitas agar proses defrag bisa dilakukan secara otomatis. Kita bisa menjadwalkan kapan proses tersebut berjalan dan drive mana saja yang akan di-defrag.

Di samping itu, tidak perlu cemas jika proses ini akan mengganggu kerja Anda karena proses akan dijalankan di Background. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1.Ketik defrag pada start Menu ---> Search all programs and files, kemudian tekan Enter.

2.Klik pada button Configure schedule . . . . . .

3.Isikan pada pilihan Frequency dengan Monthly, kemudian pilihan Day diisi dengan hari beberapa proses defrag akan dilakukan, kalau isikan Time dengan waktu yang dimulainya proses defrag.

4.Klik pada tombol Select Disk . . . . Kemudian pilih drive mana saja yang akan di-defrag. Kemudian, klik OK.

5.Terakhir, klik OK.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Defragmentasi. Proses untuk memperbaiki berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sedangkan dalam dunia computer dikenal dengan istilah Defrag, bisa diartikan sebagai proses untuk mengurutkan (reorganisasi) kembali data-data (file) yang terdapat dalam harddisk. File yang ter-fragmentasi adalah file yang terpisahkan oleh suatu jarak di dalam harddisk, jarak tersebut ada karena pengguna menghapus file di dalam harddisk atau bisa juga sering melakukan proses uninstall aplikasi. Nah untuk menghilangkan jarak tersebut kita mengenal istilah defragmentasi. Tujuannya antara lain adalah untuk mempercepat akses data di dalam harddisk.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...