Pages

2010/06/28

Manggalang aksi filantropi di dunia maya jadi lebih mudah

Tidak memerlukan biaya
.


Masih ingatkah anda dengan gerakan “Koin Keadilan untuk Pita”? Dalam waktu yang relative singkat, ratusan juta rupiah terkumpul dari (sebagian besar) pengguna Internet di tanah air. Bayangkan, ratusan juta itu dikumpulkan waktu itu hanyalah “receh”, dan hanya dari dalam negeri.

Bagiamana pula jika proyek pengumpulan dana seperti ini melibatkan pengguna Internet dari seluruh dunia? Kebanyakan dari mereka tidak mungkin bisa mengirimkan receh secara online dan tentu saja jumlah yang terkumpul pastilah akan jauh lebih besar. Tapi, bagaimana caranya?

Tenang, jika Anda memiliki ide yang orisinil, dan untuk mewujudkan ide tersebut dibutuhkan sokongan dana yang besar, Anda bisa mengguankan layanan yang ditawarkan oleh website Go Fund Me. Website ini menyediakan layanan pengumpulan dana dari pengguna Internet di seluruh dunia.

Caranya sederhana. Anda tinggal membuat account di sini, menyebarluaskan melalui website social networking seperti Facebook atau microblogging seperti twitter. Selanjutnya, tunggu respons dari pengguna Internet yang tertarik mendonasikan dollar-nya kepada Anda. Mudah, bukan ?

- - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Social networking. Disebut juga jejaring social atau jaringan pertemanan. Layanan di WWW yang berfokus pada pembangunan komunitas online dari orang-orang yang memiliki kesamaan minat atau aktivitas. Meski telah digagas sejak 1985 ole The WELL, model layanan ini baru mendapatkan momentum booming-nya pada awal 2000-an, yang ditandai oleh lahirnya website-website, seperti Friendster (2002), My Space (2003), Facebook (2004), dan Bebo (2005.
Microblogging. Sebuah format blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks update singkat (biasanya kurang dari 200 karakter) dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas. Layanan terpopuler untuk microblogging adalah Twitter yang diluncurkan pada bulan Juli 2006 dan telah memenangi Web Award untuk kategori blog pada konferensi South by Southwest 2007, di Austin, Texas.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...