Pages

2010/09/23

Tip Dasar Penggunaan Google Maps



Lebih akurat
.




Berikut ini akan disajikan beberapa tip dasar penggunaan Google Maps di ponsel.

Untuk mencari posisi Anda sekarang ini, cukup tekan titik berwarna biru yang ada di pojok kanan bawah (dikenal dengan nama "My Location"). Maka secara instant, Google Maps akan mencari posisi Anda berdasarkan system triangulasi tiga BTS yang tedekat. Keakuratan system ini sangat bergantung kepada posisi BTS yang ada. Sebab setelah dicoba di beberapa lokasi, biasanya hanya meleset sekitar 300 meter.



Bila ingin lebih akurat lagi, maka Anda bisa menggunakan fitur GPS yang hanya tersedia di ponsel-ponsel tertentu. Caranya adalah dengan memilih Menu, Option, Use GPS.

Dalam menggunakan GPS, Anda harus berada di area terbuka, jangan berada di dalam rumah atau gedung, dan jangan berada di bawah sesuatu yang bisa menghalangi Anda dlaam melihat langit.

Begitu fitur GPS aktif, Anda bisa mengetahuinya leat informasi yang disajikan di pojok kanan atas. Minimal harus ada 4 satelit yang diakses oleh perangkat GPS. Coba di-zoom, dan Anda akan megnetahui dengan jelas dimana posisi Anda saat ini.

Tentu ada kelebihan dan kekurangan antara kedua sistem di atas. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya:

  • Dengan menggunakan GPS, tentu akurasinya akan jauh lebih baik daripada sistem My Location. GPS mungkin hanya melesat beberapa meter, tapi My Location bisa meleset lebih dari 5.000 meter.
  • My Location akan bereaksi lebih cepat ketimbang GPS, karena akses ke BTS akan lebih cepat daripada akses ke satelit GPS.
  • My Location bisa berfungsi di mana saja, baik itu di dalam gedung selama Anda masih mendapatkan sinyal seluler. Sementara GPS baru bisa digunakan di area terbuka.
  • Penggunaan My Location lebih hemat baterai daripada penggunaan GPS.
- - - - - - - - - - - - - - - -



BTS. Singkatan dari Base Transceiver Station, adalah perangkat yang fungsinya memfasilitasi komunikasi wireless antara perangkat yang digunakan pengguna dengan jaringan yang digunakan. BTS juga biasa disebut sebagai Radio Base Station atau node B di dalam jaringan 3G.

1 comment:

  1. mas mau tanya donk...
    "GPS mungkin hanya melesat beberapa meter, tapi My Location bisa meleset lebih dari 5.000 meter"
    itu dapat referensi dari mana yaa???

    thanks..

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...