Pages

2010/09/23

Melacak lokasi Ponsel atau Hanphone dengan bantuan Google Latitude


Sepertinya melanggar privasi
.





Google Latitude adalah sebuah layanan dari Google yang mengizinkan pengunanya memberitahukan lokasinya saat itu kepada pengguna lain. Layanan ini didasari oleh Google Maps.



Walau kelihatannya Google Latitude ini mengundang masalah pelanggaran privasi, tapi di lain hal, Google Latitude juga bisa memberikan manfaat yang positif. Contohnya, Anda anggota sebuah tim, dimana tiap anggota wajib mengetahui dimana posisi anggota lain.

Kelebihan lain dari Google Latitude adalah Anda tidak harus menggunakan ponsel dengan GPS atau bahkan tidak menggunakan ponsel sekalipun. Yang Pertama akan dibahas adalaah memanfaatkan Google Latitude di ponsel. Menurut infor dari Google, ponsel yang sudah mendukung Google Latitude adalah ponsel berbasis Android, iPhone, BlackBerry, Windows Mobile, dan Symbian.

1.Google Latitude sudah diintegrasikan ke dalam Google Maps for Mobile versi terbaru. Jadi bila tadi Anda sudah mengikuti cara di atas, maka Anda bisa menggunakan Googpe Maps for Mobile.

2.Pilih pada Menu, lalu klik Join Latitude.

3.Masukkan Google Account Anda.

4.Begitu masuk, Google Latitude langsung menampilkan lokasi, dan daftar yang masih berisi account Anda saja. Pilih Add Friends untuk menambah teman.

5.Masukkan e-mail teman Anda (harus e-mail dari Google).

6.Begitu request Anda disetujui oleh teman Anda, maka namanya akan muncul di daftar.

7.Klik namanya, dan di opsi yang muncul, klik See Map.

Maka dengan seketika lokasi teman Anda saat itu akan terlihat.

Menarik sekaligus mengkhawatirkan, bukan? Jika Anda merasa khawatir akan posisi Anda bisa diketahui oleh orang lain atau orang tertentu, maka Google Latitude bisa di-setting sedemikian rupa agar privasi Anda tetap terjaga.

Contoh pertama, seandainya Anda ingin bersembunyi dari orang tertentu, pacar misalnya, maka pilih namanya, lalu pilih opsi Hide from this friend.

Atau untuk setting secara globat, di dalam daftar awal, pilih tab Privacy. Di situ Anda bisa memilih opsi Set your location yang berfungsi dalam menentukan posisi secara manual. Jadi, kemanapun Anda jalan, posisinya akan tetap berada di lokasi yang sama. Atau opsi Hide your location, dimana semua teman Anda yang ada di daftar tidak bisa melihat posisi Anda. Atau opsi terakhir, yaitu keluar dari Latitude.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...