Pages

2010/04/04

Software untuk Mempelajari struktur protein secara visual

Bosan dengan ketebalan buku hingga 10 cm

Bagi yang mendalami dunia Biologi dan Kedokteran, Anda tentu pernah mempelajari tentang protein. Protein mempunyai banyak fungsi di tubuh kita. Pada dasarnya, protein menunjang keberadaan setiap setiap sel di dalam tubuh, dan hal tersebut berguna untuk memperkuat proses kekebalan tubuh. Bagi yang tertarik untuk mempelajarinya, Anda pasti ingin lebih tahu seperti apa struktur protein tersebut.

Jika anda merasa bosan mempelajarinya lewat buku yang memiliki ketebalan hingga 10 cm atau bosan mendengarkan ceramah dosen di depan kelas, cobalah aplikasi ini. MSProt 0.5.1 adalah sebuah aplikasi buah karya dari proyek open source yang berguna untuk memviasualisasikan struktur protein. Ditulis dalam bahasa C++ dengan Qt dan OpenGL.

Aplikasi ini didesain untuk bisa dijalankan dalam berbagai platform (multi platform). Sistem operasi yang didukung antara lain Linux, FreeBSD, dan Windows. Bagi yang membutuhkan struktur model protein, bisa men-download-nya dari website Rscb.org.


Harga : Gratis
Ukuran File : 4,21 MB
Download : Source forge.net atau MSProt-0.5.1.exe

- - - - -- - - - - - - - - - - - - - - -

Qt. Sebuah toolkit C++ untuk pengembangan aplikasi Graphical User Interfaces (GUI) yang bersifat lintas platform. Salah satu produk yang menggunakan Qt adalah KDE, lingkungan grafis yang populer untuk Unix. Qt merupakan produk dari Trolltech (sebelumnya bernama Quasar Technologies) perusahaan perangkat lunak asal Oslo, Norwegia.

OpenGL. API yang diperkenalkan oleh SGI (Silicon Graphics Inc) kali pertama pada tahun 1980-an. Awalnya OpenGL diciptakan untuk mendukung proses rendering pada komputer grafis produksi SGI. Namun akhirnya, OpenGL dijadikan standart oleh berbagai perusahaan software dan hardware. Salah satu kelebihan OpenGL adalah API ini bersifat multi platform. Artinya OpenGL dapat digunakan hampir pada semua sistem operasi.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...