Pages

2011/06/26

Cara melakukan Overlock atas Processor komputer Anda

Overclock, terutama pada processor, sekilas memang tampak susah dan menakutkan. Tapi hal itu sangat mungkin untuk dilakukan, dan bahkan kadang menyenangkan untuk dilakukan. Nah, oleh karena itu, pada penulisan kali ini kita akan mencoba mempraktekkan overclock processor.

Menurut Wikipedia, overclock adalah proses memaksa komponen komputer untuk berjalan pada clock yang lebih tinggi dari seharunya. Proses ini dilakukan untuk meningkatkan performa komputer. Karena apabila Anda menggunakan processor pada kecepatan standarnya, itu sama saja seperti kehilangan potensi sebenarnya. Sebab, sudah bukan rahasia lagi bahwa processor memang sengaja dilabeli dengna kecepatan di bawah kecepatan potensialnya. Misalnya, processor Anda memiliki kecepatan 3 GHz, tapi sebenarnya processor itu masih sanggup dijalankan pada kecepatan 3.3 GHz.

Ada beberapa alasan kenapa processor atau komponen lainnya sengaja diatur pada kemampuan di bawah kemampuan sebenarnya. Alasan pertama adalah adanya variasi komponen, kedua adalah demi memenuhi kebutuhan pasar, dan terakhir adalah memperpanjang umur komponen tersebut selama masih diproduksi.

Peringatan: Saat anda bermain dengan overclock, tentunya resiko anda tanggung sendiri. Overclok bisa menyebabkan kerusakan bahkan menghancurkan processor Anda, termasuk juga motherboard, dan komponen lainnya serta bisa menghilangkan garansi. Jadi, pertimbangkan terlebih dahulu bagik-baik sebelum melakukan overclock, dan lakukan secara bijak.

Namun bila anda ingin mencobanya, atau sekedar ingin tahu bagaimana prosesnya. Silahkan anda membaca tutorial lengkapnya pada alamat berikut di bawah ini


Dasar-dasar Overclock



Hardware yang Tepat



Proses Overclock



Processor AMD

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...