Pages

2010/08/12

Facebook: Menghindari hacking maupun cracking atas account anda

Membackup data
.


Semakin tingginya popularitas situs jejaring social Facebook, ternyata juga berakibat membuat semakin tingginya angka hacking / cracking account pengguna Facebook.

Banyak pengguna Facebook yang memanfaatkan Facebook sebagai media penyimpanan data atau foto pribadi melalui fitur Notes atau Photo Album. Walaupun praktis, namun cara ini cukup beresiko, terutama jika account Facebook di-hack orang lain. Walaupun tidak diinginkan, tapi jika suatu hari Anda menjadi korban hack Facebook sehingga account Anda tidak dapat digunakan lagi, apa yang Anda akan lakukan?

Solusi yang dapat dilakukan sebelum hal tersebut benar-benar terjadi adalah melakukan backup data Facebook. Walaupun tidak benar-benar membantu untuk mencegah hack pada Facebook, setidaknya cara ini dapat menyimpan aktivitas pada wall yang pernah Anda lakukan.

Salah satu plugin untuk Mozilla Firefox yang dapat digunakan untuk mem-backup data wall di Facebook adalah plugin ArchiveFacebook. Langkah-langkah untuk mem-backup aktivitas wall Facebook menggunakan ArchiveFacebook melalui Mozilla FIrefox, adalah sebagai berikut :

1.Jalankan Firefox dan login ke account Facebook yang hendak di backup.

2.Download plugin pada alamat Mozilla.org. Klik Install now.

3.Restart Firefox untuk mengaktifkan plugin tersebut. Plugin akan muncul sebagai menu ArchiveFB.

4.Pilih menu ArchiveFB >> Show in Sidebar untuk menampilkan ArchiveFB di sidebar (atau gunakan shortcut Alt+Z).

5.Untuk melakukan backup, pastikan Anda berada di halaman Facebook, pilih menu ArchiveFB >> Archive (atau gunakan shortcut Ctrl+Shift+Y). Sebuah kotak dialog akan muncul untuk mengkonfirmasi proses backup. Klik OK untuk melanjutkan.

6.Proses akan dilanjutkan dengan menelusuri Facebook stream dengan menelusuri tanggal yang paling akhir terlebih dulu. Pada proses ini, akan muncul kotak dialog yang menunjukkan seberapa jauh stream dapat ditelusuri.

Jika button Cancel ditekan, maka proses backup akan dilakukan hingga sejauh seperti yang tertera pada kotak dialog.

7.Setelah proses penelusuran stream selesai, ArchiveFB akan mulai men­-download data Facebook untuk membuat backup archive. Proses ini dapat berlangsung cukup lama, tergantung dari seberapa banyak aktivitas di Facebook dan jangka waktu backup yang dipilih.

8.Pada saat proses backup selesai, akan muncul sebuah entry di sidebar “Facebook atau Username tanggal” yang dapat diakses secara offline. Klik pada entry tersebut untuk menampilkan aktivitas wall.

- - - - - - - - - - - - - - -

Hacking. Suatu aktivitas yang dilakukan untuk menembus suatu system computer atau jaringan computer, baik untuk tujuan mencari keuntungan atau sekedar kesenangan pribadi. Personil yang melakukan tindakan hacking diistilahkan dengan hacker. Beberapa pendekatan yang biasa dilakukan dlaam melakukan hacking untuk jaringan internet antara lain: enumerasi jaringan, analisa kelemahan sistem (vulnerability anlysis) dan eksploitasi.
Cracking. Cara untuk menghapus fitur-fitur tertentu dalam suatu system atau software dengan memodifikasi kode sumbernya. Biasanya kegiatan cracking digunakan untuk menghilangkan copy protect dari suatu software, versi demo software, serial number, CD check dan sebagainya.
Facebook Stream. Aktivitas yang dilakukan di Facebook berdasarkan kronologis. Aktivitas yang dilakukan bisa berupa update status di wall, menambahkan foto, notes, menulis di wall seseorang dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...