Pages

2010/08/30

Facebook: Facebook Chat pada Sidebar Firefox

April 2008
Well dan Inbox adalah salah satu sarana untuk berkomunikasi dengna teman di Facebook. Sejak bulan April 2008, Facebook merilis aplikasi baru, yaitu Facebook chat yang memungkinkan kita untuk bisa melakukan chatting dengan contact yang saat itu sedang online. Aplikasi ini terletak di pojok kanan browser, yang mungkin akan sedikit tidak Nampak.

Dengan bantuan fitur Sidebar dari browser Mozilla Firefox, kita dapat memindahkan aplikasi Facebook Chat ini di sidebar sehingga memudahkan ketika melakukan chatting. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.Pilih menu Bookmarks, Organize Bookmarks (atau dengan shortcut Ctrl + Shift + B).

2.Pada Window Bookmark yang muncul, pilih Bookmarks Toolbar, dan klik button Organize, New Bookmarks.

3.Akan muncul kotak dialog New Bookmark dengan beberapa textbox yang perlu diisi, yaitu Name, Location, Tags, Keyword, dan Description. Untuk Name dapat diisi dengan Facebook Chat, Location diisi http://www.facebook.com/presence/popout.php. Pastikan checkbox untuk Load this bookmark in the sidebar telah dicentang.

4.Langkah berikutnya adalah menampilkan Sidebar pada Mozilla Firefox melalui menu View, Sidebar, Bookmarks, lalu klik pada Facebook Chat.

5.Pastikan bahwa Anda telah membuka halaman Facebook dan login. Sambil mem-browsing halaman lain, Anda dapat memantau window chatting.
- - - - - - - - - - - - - - -

Sidebar. Sebuah elemen GUI yang menampilkan berbagai bentuk informasi pada salah satu sis aplikasi atau interface desktop. Bisa berupa jam analog, ramalah cuaca, agenda harian atau bahkan koleksi foto-foto pribadi Anda juga bisa ditampilkan disini. Salah satu contohnya adalah Windowss Sidebar pada Vista dan Desktop Sidebar yang merupakan software gratis pihak ketiga.
Shortcut. Sebuah link untuk untuk apa pun yang dapat diakses pada computer Anda atau dalam jaringan, seperti program, file, folder, disk drive, halaman website, printer, atau komputer lain. Anda dapat meletakkan shortcut di mana saja, seperti pada desktop, menu Start, atau dalam suatu folder.
Checkbox. Elemen dari interface berbasis grafik yan gmemungkinkan user memberikan centang (check) dari satu atau lebih opsi yang ada. Masing-masin gopsi mempunyai caption atau keterangan.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...