Pages

2010/09/04

Mengenal Free Lossless Audio Codec (FLAC) lebih dekat

Developer: Xiph.Org Foundation, Josh Coalson
Rilis terakhir: 1.2.1 (17 September 2007)
Website: http://flac.sourceforge.net
.


Artikel sebelumnya: Mengenal lebih dekat beragam Audio Codec

Istilah FLAC dapat mengacu pada 2 hal, yaitu suatu format file audio (.flac) dengan kompresi yang lossless, dan codec mendekompres file audio .flac. Untuk file audio dengan format .flac, ukurannya cukup besar dibandingkan dengan format audio dengan kompresi lossy seperti mp3, namun kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih.

Sebagai codec, FLAC didistribusikan secara open source, dan dilengkapi dengan dokumentasi dan API bagi developer yang ingin membuat player buatan sendiri. Sistem operasi untuk FLAC, antara lain Windows, “unix” (Linux, *BSD, Solaris, OS X, IRIX), BeOS<>

1.Lossless: Proses encoding data audio tidak menghilangkan informasi dan hasil decode, sama persis seperti data sebelum di-encode. Setiap frame-nya terdiri dari 16 bit CRC untuk pendeteksi kesalahan.

2.Cepat: prosese decode yang terjadi menggunakan oeprasi aritmatik bilangan bulat, sehingga proses lebih cepat. Decode secara real time dapat dengan mudah dikerjakan oleh hardware saat ini.

3.Dukungan hardware: FLAC didukung oleh berbagai macam manufaktur hardware mulai dari portable players, perangkat home stereo, hingga audio mobil.

4.Metadata yang fleksibel: sistem metadata FLAC mendukung adanya tags, cover art, tabel dan pencarian. APlikasi bisa menuliskan sendiri metadata-nya saat mereka meregristrasinya.

5.Mudah dalam pencarian: FLAC mendukung pencarian sample dengan cepat. Fitur ini akan berguna saat dilakukannya playback, dan membuat file dengan format FLAC cocok untuk aplikasi-aplikasi pengeditan.

6.Streamable: proses decode FLAC tidak bergantung pada frame sebelum atau sesudahnya. Hal ini memudahkan proses streaming (tidak perlu menunggu hingga semua file berhasil di-download).

Beberapa player yang telah dilengkapi dengan code FLAC, antara lain:


ALL Player

WinAmp
Toast 9

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...