Pages

2011/01/02

SharpEnviro



Artikel sebelumnya: Tutorial dan Perangkat lunak untuk membuat tampilan desktop windows anda terlihat lebih canggih

Jika Anda mencoba ketiga Windows shell replacement yang tadi sudah kita bahas, tentu ada satu kesan yang sama. Kesan tersebut adalah minimalis. Tapi bila Anda mencoba Windows shell replacement yang satu ini, kesan yang didapat adalah powerful. SharpEnviro adalah sebuah Windows shell replacement bersifat free yang bisa digunakan di Windows XP sampai Windows 7, SharpEnviro bisa Anda download dari trac.sharpe-shell.org dengan file berukuran 15,5 MB.

1.Setelah di download, ekstrak ke sembarang tempat. Sharp Enviro bersifat portable.

2.Jalankan file yang bernama SetShell.exe. Pada jendela yang muncul pilih SharpE, dan beri centang pada Separate Explorer Process. Setelah itu, restart PC Anda.

3.Setelah restart, desktop Anda akan langsung berubah.

4.Lalu, dimana start menunya? Sama seperti ketiga Windows shell replacement sebelumnya. Start menu itu bisa diakses melalui klik kanan.

5.Di taskbar atas, Anda bisa melihat berbagai shortcut, informasi penggunaan RAM, dan swap file, serta media controller.

6.Sedangkan di taskbar bawah, fungsinya sama seperti standar Windows. Hanya saja ada tambahan fitur untuk virtual desktop di bagian paling kiri.

Bagaimana dengan penggantian theme-nya? Sayangnya, sampai saat ini belum ada website yang khusus menyediakan theme SharpEnviro ini. Bahkan developer-nya sendiri belum menyediakannya. Satu-satunya cara adalah dengan membuat theme sendiri. Namun, jangan khawatir. Untuk variasi, Anda bisa menggunakan tiga theme yang sudah disediakan.

1.Klik kanan, dan pilih Configuration, Themes.

2.Pilih theme yang diinginkan, lalu klik Apply. Sebagai contoh, saya memilih theme forest.

3.Untuk membuat theme sendiri, klik tombol Add, beri nama, lalu klik Add.

4.Dari situ, Anda bisa memilih kombinasi icon, cursor, wallpaper, font, dan sebagainya untuk membentuk sebuah theme baru.

Untuk kembali ke tampilan standar milik Windows, ikuti langkahnya sebagai berikut:

1.Klik kanan icon SharpCore yang ada di system tray, dan pilih Change Shell.

2.Pilih Explorer, klik Ok, lalu restart PC.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...