Pages

2011/01/02

Emerge Desktop



Artikel sebelumnya: Tutorial dan Perangkat lunak untuk membuat tampilan desktop windows anda terlihat lebih canggih

Sepintas Emerge Desktop hampir mirip dengan kedua aplikasi tadi yang sudah kita bahas. Perbedaannya adalah Emerge Desktop jauh lebih minimalis daripada kedua apliaksi itu. Emerge Desktop bisa anda download dari alamat url http://bit.ly/WODok dengan file berukuran 749 KB.

1.Instal seperti biasa, dan beri centang pada Set Emerge Desktop as default shell.

2.Setelah selesai, restart PC Anda.

3.Kini desktop Anda akan terlihat kosong, hanya ada sebuah kotak di pojok kiri atas. Untuk masuk ke Start Menu, Anda bisa melakukan klik kanan di sembarang tempat.

4.Sekarang, tekan Ctrl, lalu drag kotak itu ke sembarang tempat. Akan muncul 2 kotak. Kotak yang berisi icon speaker dan aplikasi-aplikasi lain yang biasa muncul di system tray itu adalah kotak yang mewakili system tray. Sementara kotak satunya lagi berfungsi sebagai taskbar. Kedua kotak itu bisa dipindah ke posisi sesuka Anda sambil menekan tombol Ctrl.

5.Sekarang, kita akan menocba mengubah tampilan kedua kotak itu agar terlihat tidak kaku. Pertama, ganti wallpaper dengan menggunakan wallpaper yang Anda inginkan. Ini bertujuan agar proses pengubahan tampilan kotak itu bisa matching dengan wallpaper-nya.

6.Tekan Ctrl, lalu klik kanan salah satu kotak yang ingin dimodif, dan pilih Edit Current Scheme.

7.Di bagian Opacity Setting, atur slider-nya sesuka Anda. Ini dipakai untuk emngatur tingkatan transparansinya. Lalu di bagian From Color, ganti dengan warna yang cocok dengan warna dimana otak tersebut akan ditaruh. Klik Preview.

8.Di jendela itu, Anda bisa mengutak-atik tampilan kotaknya sesuai yang diinginkan. Bila sudah puas, klik Save AS untuk menyimpannya.

9.Lalu, posisikan kotaknya di tempat yang Anda inginkan. Untuk mengubah ukurannya, tekan Alt, dan atur sesuai yan gdiinginkan.

10.Untuk kotak yang satunya lagi, lakukan hal yang sama atau bisa menggunakan setting yang dipakai oleh kotak pertama. Kemudian hasilnya akan terliaht.

11.Namun saying untuk start menunya sendiri, kita tidak bisa mengutak-atik lebih banyak. Kita hanya bisa mengatur transparansi, dan icon-nya saja. Anda bisa melakukannya lewat menu Setting, Configure.

12.Atur opacity-nya, dan hilangkan centang pada Menu icons.

Bila sudah puas dan ingin kembali ke desktop default milik Windows, ikuti saja langkah-langkah berikut di bawah ini.

1.Klik kanan Setting, Change Desktop Shell

2.Pilih Windows Explorer, dan klik Change

3.Restart PC, dan desktop akan kembali ke default-nya.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...