Pages

2010/08/20

Fungsi, perangkat, guna dan manfaat Keylogger

Tidak diketahui
.


Keylogger adalah salah satu ancaman besar yang dihadapi oleh pengguna komputer saat ini. Terutama para pengguna yang menggunakan komputer di wilayah publik, seperti warnet, bandara, café, hotel, dan sebagainya.

Menurut definisi, keylogger adalah sebuah tool yang bertugas memonitor apapun yang diketikkan di keyboard, merekamnya, kemudian mengirimkan hasil rekaman itu ke pihak lain. Umumnya, kegiatan keylogger ini tidak diketahui sehingga si pengguna komputer tidak menyadari bahwa aktivitasnya sedang direkam oleh pihak lain.

Bila dilihat dari kegunaannya, keylogger memiliki nilai positif dan nilai negatif. Di sisi negatif, keylogger bisa dimanfaatkan untuk mencuri username dan password, nomor kartu kredit, dan berbagai informasi sensitif lainnya. Di sisi positif, keylogger bisa dimanfaatkan untuk membuktikan sesuatu. Contoh kasusnya, misalnya Anda sebagai atasan menduga bahwa ada bawahan Anda yang dicurigai membocorkan rahasia perusahaan ke pihak pesaing. Anda tentu tidak bisa main tuduh begitu saja tanpa ada bukti, kan? Nah, di sini keylogger bisa membantu Anda. Atau Anda mencurigai pasangan Anda sedang berselingkuh di dunia maya? Keylogger pun bisa membantu Anda.

Berikut dibawah ini penulis akan menampilkan cara-cara penggunaan keylogger. Semoga Anda bisa memanfaatkannya dengan bijak, dan selalu waspada bila menggunakan komputer yang berada di wilayah publik.


Jenis-jenis Keylogger

Pada dasarnya, keylogger dibagi menjadi dua kategori yaitu berbasis software dan hardware. Keylogger berbasis hardware umumnya dipasang di antara port dari keyboard dengan port keyboard yang ada di motherboard. Di versi yang lebih canggih, keylogger itu dipasang langsung di dalam keyboard sehignga keberadaannya tidak bisa terdeteksi langsung oleh mata, tidak seperti kedua keylogger tadi yang jelas terlihat.

Salah satu kelebihan menggunakan keylogger berbasis hardware adalah tidak bergantung kepada OS computer si target, dan tidak akan terdeteksi oleh software anti-keylogger karena tidak ada software yang diinstal. Yang kedua, yaitu keylogger berbasis software adalah program yang dirancang untuk merekam aktivitas target. Keylogger berbasis software bisa datang dalam bentuk program resmi yang harus diinstal atau dalam bentuk malware.

Selain kedua keylogger yang paling dasar tersebut, sebenarnya masih banyak keylogger dalam berbagai bentuk dan variasi. Ada keylogger yang bisa mengendus transmisi dari keyboard wireless, ada yang berupa bantalan yang dapat ditarus di atas keypad (banyak terjadi pada kasus pembobolan ATM), bahkan ada yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Informasi selengkapnya bisa anda lihat pada alamat website Wikipedia.org


Software - software Keylogger

Pembuat aplikasi ini mengklaim bahwa Revealer Keylogger Free Edition bisa merekam dan menangani dead keys. Dead keys adalah penekanan dua tombol keyboard yang menghasilkan karakter bersifat diakritik. Contohnya, saat menekan tombol Control + e maka akan menghasilkan karakter ê. Di aplikasi keylogger lain, justru menurut mereka akan muncul bug yang menghasilkan karakter ^^ atau ^e.

Revealer Keylogger Free Edition gratis dan bisa di download dari alamat website logixoft.com dengan file berukuran 95 KB.

Dari beberapa aplikasi keylogger gratis yang telah dicoba sebelumnya, rata-rata semuanya sudah terdeteksi sebagai unwantedapplication oleh Windows Defender bawaan Winduws, dan itu sudah terdeteksi sewaktu proses instalasinya.

Sebuah aplikasi keylogger yang baik adalah tidak terdeteksi saat proses instalasi maupun, ketika ia bekerja. Salah satu aplikasi yang memiliki kemampuan seperti itu adalah Free KGB Key Logger yang bisa di-download gratis dari alamat website Refog.com dengan file berukuran 4,19 MB. Free KGB Key Logger lebih powerful daripada Revealer Keylogger Free Edition, tapi agak sedikit menyebalkan.

Software ini agak menyebalkan karena setelah di instal pada computer, biasanya Free KGB Key Logger muncul pada System Tray. Buat penguna yang waspada, tentunya akan mencurigai icon yang bila diklik akan memunculkan interface Free KGB Key Logger. Sedangkan di Task Manager, Free KGB Key Logger akan dikenali sebagai MPK.exe.

Dan ada satu lagi dari software ini yang perlu anda ketahui. Karena gratis, Free KGB Key Logger hanya bisa merekam lima jenis aktivitas, yaitu ketikan pada keyboard, program yang dijalankan, konten clipboard, website yang dikunjungi, dan aktivitas komputer. Jika ada salah satu aktivitas yang tidak ingin anda rekam maka pilih aktivitasnya pada menu software yang telah anda install tersebut, lalu klik icon Stop.


Menghilangkan icon pada system tray

Berikut ini adalah cara menghilangkan icon yang ada di system tray. Apabila trik ini diterapkan, maka semua icon yang ada di system tray akan hilang. Tapi, hilang bukan berarti tidak aktif, semua aplikasi yang tadinya ada disana akan tetap aktif.

1.Buka Registry Editor, dan arahkan ke: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Jika key Explorer tidak ada, maka buat sendiri.

2.Di jendela sebelah kanan, klik kanan, dan pilih DWORD (32-bit) Value

3.Beri nama value tersebut NoTrayItemsDisplay. Klik dua kali, lalu beri value 1.

4.Log Off atau restart komputer Anda. Untuk mengembalikan ke kondisi semua, ganti value-nya menjadi 0.


Keylogger Berbayar

Apabila Anda menginginkan sebuah aplikasi keylogger yang benar-benar powerful maka sebaiknya menggunakan aplikasi keylogger berbayar. Keylogger berbayar tersebut menawarkan berbagai fitur, seperti bisa mengirimkan log melalui e-mail ke alamat tertentu, bisa mengirimkan hasil screenshot yang ada di layar, bisa tidak terdeteksi oleh antivirus, bisa melacak file dan sebagainya. Anda bisa melihat komparasi dari berbagai keylogger berbayar di alamat website Keylogger.org.

- - - - - - - - - -- - - - - - -

Windows Defender. Produk software dari Microsoft yang didesain untuk pencegahan, karantina dan pemusnahan spyware pada Microsoft Windows. Pertama kali diintegrasikan pada Windows Vista namun dapat di download pula untuk sistem operasi Windows XP dan Windows Server 2003. TIdak hanya melakukan scan pada sistem, namun aplikasi ini juga mengawasi beberapa area yang rentan pada spyware serta mengizinkan user untuk melaporkan pada Microsoft mengenai informasi spyware yang terdeteksi.
Task Manager. Bar yang berisi tombol start dan tampil secara default pada bagian bagwah desktop. Anda dapat mengklik tombol-tombol taskbar untuk berpindah dari satu program ke program lain. Anda juga dapat menyembunyikan taskbar, memindahkannya ke bagian tepi atau atas desktop, dan melakukan kustomasi dengan cara lain.
D WORD. Dibaca double word. Word sendiri merupakan satuan unit yang terdiri dari beberapa bit dan jumlah bit tergantung dari arsitektur computer. Untuk artsitektur computer berbasis Intel x86, satu word terdiri dari 16 bit dan 32 bit untuk DWORD. Untuk Intel IA-32, satu word terdiri dari 32 bit dan 64 bit untuk DWORD, sedangkan untuk Intel EMT64T atau AMD64, satu word terdiri dari 64 bit atau 128 bit untuk DWOD. Dalam pemrograman di lingkungan Windows, DWORD direpresentasikan dalam jenis variable type det atau unsigned long.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...