Pages

2010/12/18

Tutorial melakukan Kompresi Video Film dengan MKV

Melalui 3 aplikasi

MKV cukup popular di kalangan komunitas penikmat anime karena mendukung mutiaudio dan subtitle di dalam file yang sama, sementara AVI tidak bisa melakukan hal itu. Tapi karna AVI sudah lama hadir, maka kompatibilitasnya lebih banyak ketimbang MKV. File berformat AVI bisa dimainkan di berbagai media player seperti DVD Player, multimedia player, iPod, MP4 player dan sebagainya.

Untuk melakukan kompresi file video ke MKV seperti yang dilakukan oleh 300mbfilm.com, Anda membutuhkan sebuah freeware bernama MeGUI yang bisa digunakan secara gratis dari Sourceforge.net dengan ukuran file sebesar 46,5 MB. Anda juga membutuhkan AviSynth yang bisa di download dari http://tinyurl.com/0xx4qb dengan ukuran file sebesar 3,98 MB. Terakhir, anda juga membutuhkan Nero AAC dari http://tinyurl.com/ye20wrh dengan ukuran file sebesar 1,95 MB.

Berikut ini tahap instalasinya:

1.Instal MeGUI seperti biasa, dan update-lah jka diminta. Di jendela yang muncul, klik Update. Restart jika diperlukan.

2.Selanjutnya, install AviSynth seperti biasa.

3.Sekarang, esktrak NeroACC ke sembarang folder. Di dalam folder bernama win32, copy file bernama neroAacEnc.exe ke folder instalasi MeGUI yang ada di C:\Program Files\MeGUI.

4.Jalankan MeGUI, lalau tekan Ctrl + R untuk memunculkan AVS Script Creator.

5.Pilih video yang akan dikompres. Saya menggunakan video dengan format AVI berukuran 699 MB.

6.Pastikan pula opsi Resize tidak dicentang, lalu klik Save.

7.Kembali ke jendela utama MeGUI, pastikan di bagian AviSynth Script sudah menunjuk ke script yang baru kita buat, begitu juga dengan output-nya.

8.Di bagian Encoder setting, pilih x264, dan file format pilih MKV.

9.Di bagian Audio Input, pilih video aslinya sebaga audio input.

10.Di bagian Encoder settings, pilih Nero AAC, dan di Extension pilih MP4-AAC. Lanjutkan dnegna mengklik AutoEncode.

11.Di jendela yang muncul, pilih Container sebagai MKV. Di bagian Size and Bitrate, pilih file Size yang diinginkan. Tapi usahakan pada file size yang Anda pilih, opsi average bitrate yang ada di bawahnya selalu lebih besar dari 450 kbit/s untuk tetap menjaga kualitasnya. Sebagai contoh saat saya memilih 182 CD, maka bitrate-nya menunjukkan 547 kbit/s. Tapi begitu memilih ¼ CD, amak bitrate-nya turun menjadi 271 kbit/s. Klik Queue untuk melanjutkn.

12.Kembali ke jendela utama MeGUI, pilih tab Queue, dan klik Start untuk memulai kompresi.

13.Prosesnya akan berjalan. Dalam percobaan yang saya lakukan, semuanya diselesaikan dalam waktu 35 menit, dan ukuran video hasil kompresinya telah berubah menjadi 347 MB dari aslinya 699 MB. Kualitasnya pun bsa dibilang sebanding.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...