Pages

2010/12/18

Cara menggunakan Windows Live Movie Maker untuk mengkompresi file Video anda

Memang WLMM

Bagi pengguna Windows XP ke atas, aplikasi yang merupakan aplikasi standar Windows ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan komprei video. Penggunaannya pun juga sangat mudah. Bagi pengguna Windows 7, Anda perlu mengisntal terlebih dahulu Windows Live Exxentials 2011. Di Windows 7, Windows Movie Maker namanya berubah menjadi Windows Live Movie Maker.

Untuk menjalankan Windows Live Movie Maker, dibutuhkan computer dengan spesifikasi minimal: processor 1,6 GHz, RAM 1 GB, resolusi monitor 1024 x 768, video card yang mendukung DirectX 9, dan Shader Model 2.

1.Sebagai bahan percobaan, saya akan menggunakans ebuah video dengan format AVI yang memiliki ukuran file 96,9 MB. Jika anda kebutuhan sudah menginstal K-Lite Mega Codec Pack, maka nda bias melihat informasi detail emgnenai video tersebut. Seperti misalnya resolusinya, bit rate, frame rate, sampling rate, dan lain-lain. Infonya bias diakses melalui klik kanan file videonya,dan pilih Media Info.

2.Jalankan Windows Live Movie Maker dari start menu. Pada tab Home, klik Add videos and photos. Pilih video yang akan dikompresi.

3.Jika Anda ingin mengedit filmnya dulu, silahkan. Tapi saya tidak akan memaparkan caranya, karena itu bukan jadi fokusnya kali ini.

4.Bila sudah puas mengedit, kik tab yang paling kiri, pilih Save movie, dan pilih salah satu setting yang ada.

5.Atau kalau Anda ingin membuat setting-an sendiri, klik Save Movie, pilih Create custom settings.

6.Setelah menentukan setting-an sendiri, akan ditampilkan pula perkiraan kapasitas setelah kompresi, Klik Save.

7.Di dalam contoh, saya menggunakan setting-an sendiri. Tentukan namanya, dan klik Save.

8.Tunggu hingga proses kompresi selesai. Dari sampel video yang saya gunakan, kapasitas 96,9 MB dikompres menjadi 90,4 MB. Hal ini wajar, sebab WMV diketahui memiliki efisiensi kompreasi yang buruk. Meskipun Microsoft sendiri mengklaim format WMV versi 9 memiliki kompresi rasio yang lebih baik daripada MPEG-4 dan MPEG-2.

- - - - - -- - - - - - - - - - -

Windows Live Essentials. Sebelum bernama Windows Live Installer, adalah kumpulan freeware oleh Microsoft yang bertujuan untuk menawarkan paket terintegrasi dan layanan e-mail, IM, berbagi foto, blog publishing, layanan keamanan dan lain-lain. Program-program utama dirancang untuk berintegrasi dengan baik satu sama lain, dengan Windows, dan dengna layanan Windows Live berbasis web seperti Windows Live Photo dan Windows Live Hotmai.
K-Lite Mega Codec Pack. Kumpulan codec dan berbagai tool yang berkaitan dengna multimedia dan ditujukan sebagai solusi untuk memudahkan penggunanya memainkan berbagai jenis format multimedia, ayng dalam hal ini adalah audio video.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...