Pages

2010/12/18

Tutorial melakukan Kompresi Audio

Lebih baik audio


Artikel sebelumya: Aplikasi gratis untuk melakukan Kompresi file Video, DVD, dan Audio dalam ukuran besar

Bila kompresi video terlihat susah dan banyak langkahnya, maka tidak begitu halnya dengan kompresi audio. Bila Anda bertanya, buat apa sih audio dikompresi segala? Contohnya, bila Anda ingin sebuah lagu dijadikan ringtone di ponsel yang memory internal-nya pas-pasan, maka kompresi tentu bisa menghemat ruang memory. Tapi bila Anda berminat ingin mengoleksi MP3, sebaiknya jangan dikompresi karena akan menurunkan kualitasnya.

Untuk kompresi audio, Anda membutuhkan sebuah freeware bernama Audacity yang bisa di download dari http://audacity.sourceforge.net dengan ukuran file 2,12 MB.

1.Download, lalu install Audacity seperti biasa.

2.Jalan Audacity. Sebagai percobaan, saya menggunakan sebuah file MP3 berukuran 11,8 MB dengan bitrate 320 kbps. Klik menu Project> Import Audio.

3.Sekarang, klik menu Edit > Preferences.

4.Pada tab Quality di bagian Default Sample rate, ubah menjadi yang diinginkan. Jika Anda ingin mp3 tersebut dijadikan ringtone, maka 22050 Hz sudah cukup.

5.Pindah ke tab File Formats, pilih bitrate yang diinginkan. Karena file audio sumber kami memiliki bitrate 320 kbps, maka unuk mengecilkan ukurannya, bitratenya akan diturunkan menjadi 128 kbps. Tutup jendela Preferences.

6.Jika Anda ingin mengedit MP3 tersebut dahulu, silahkan. Jika sudah, selanjutnya klik menu File > Export as MP3.

7.Beri nama, klik Save

8.Bila muncul peringatan tentang tidak adanya lame_enc.dll, maka klik Yes. Sedikit info, file lame_enc.dll ini sudah banyak disertakan di berbagai aplikasi yang ada kaitannya dengan multimedia. Contohnya Winamp, file lame_enc.dll tersebut ada di dalam folder C:\Proram Files\Winamp\Plugins. Atau dari Auto Guardian Knot, dimana file lame_enc.dll itu ada di folder C:\Program Files\AutoGK\Tools\lame. Arahkan ke salah satu file tersebut yang amna saja sesuka Anda.

9.Tunggu hingga prosesnya selesai. Pada contoh saya, file MP3 yang awalnya berukuran 11,8 MB telah dikompresi menjadi 4,74 MB.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...