Pages

2011/01/18

Mencari Driver di Internet

Artikel sebelumnya: Cara Mencari Driver

Berkali-kali saya mendapatkan email yang kira-kira isi pertanyaannya seperti: “drivernya hilang, tidak tahu mencari dimana, dan minta dikirim drivernya”. Solusinya sebenarnya sangat mudah sekali. Tinggal datangi saja website resmi vendor pembuat hardware itu, dan download drivernya dari sana. Karena vendor yang bagus adalah vendor yang menyediakan driver untuk hardware yang mereka produksi. Selain itu, driver yang ada di website vendor biasanya sudah di customize untuk hardware produksi mereka.

Jika di website resmi vendor tidak menyediakan apa-apa, maka datangi saja website pembuat chipset hardware tersebut. Misalnya, Anda punya video card merek X dengan chipset nVidia GeForce 6800 GT. Maka datangi saja nvidia.com dan download driver-nya dari sana.

Sudah dua tempat didatangi, masih tidak ada juga? Kini saatnya Anda mendatangi website third party yang menyediakan driver.

Driverguide.com: website ini diklaim memiliki database driver dan firmware terbesar di Internet. Saat tulisan ini dibuat, telah ada sekitar 1.537.433 driver dan firmware yang disimpan di sana. Untuk dapat menggunakannya, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Gratis kok !

Nodevice.com: Tidak jauh berbeda dengan driverguide.com, NoDevice.com juga menyediakan kumpulan driver, di tambah dengan file DLL dan manual. Saat tulisan ini dibuat, tercatat ada 70.47 database gabungan dari ketiga poin itu. Anda bebas mendownload driver dari sini, tanpa perlu registrasi.

Sekarang, masih belum juga menemukan driver untuk hardware Anda? Itu artinya Anda harus siap-siap mengantinya dengan yang lebih baru. Sebab bisa jadi hardware itu dibuat semasa Bill Gates masih kuliah (JADUL) atau hardware tersebut dibuat oleh vendor yang tidak pernah diketahui keberadaannya.


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Third party. Software yang dibuat oleh sebuah badan atau programmer independen yang terlepas dari developer hardware.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...