Pages

2011/01/18

Backup Driver

Artikel sebelumnya: Windows Driver anda bermasalah? Ikuti saja langkah-langkah penyelesaiannya disini

Backup, backup, dan backup. Itulah yang seharusnya dilakukan seandainya Anda membeli sebuah hardware baru CD yang berisi driver di dalamnya bisa anda jadikan ISO atau copy langsung ke harddisk. Jangan jadikan kapasitas harddisk yang kecil sebagai alas an. Jika harddisk Anda sanggup menampung video atau game yang kapasitasnya puluhan Gigabyte, kenapa tidak ada tempat untuk driver yang paling hanya memakan puluhan Megabyte? Dan seandainya Anda ingin menjual hardware ini kembali, maka hardware tersebut akan memiliki nilai tambah karena masih memiliki driver aslinya.

Kali ini, saya tidak akan memberitahukan cara mem-backup dengan membuat file ISO karena semua pasti sudah bisa. Yang akan saya paparkan di sini adalah bagaimana caranya membackup driver yang sudah terinstal di dalam sistem.

Oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah aplikasi gratis bernama DriverBackup! Yang bisa anda download dari sourceforge.net dengan file berukuran 320 KB.

1.Ekstrak, lalu jalankan file yang bernama DrvBK.exe

2.Setelah proses scanning driver selesai, beri centang pada hardware yang drivernya ingin di backup. Bisa satu hardware atau semua hardware yang ada.

3.Klik Start Backup.

4.Klik Browser untuk menentukan lokasi penyimpanan backup ini. Lokasinya terserah Anda.

5.Klik Star Backup, dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Untuk me-restore driver yang sudah kita backup, caranya juga sangat sederhana :

1.Klik opsi Restore. Lalu, klik Open Backup file

2.Arahkan ke lokasi tempat Anda membackup, dan pilih file yang berekstensi. BKI.

3.Klik Restore

Harap diingat bahwa proses backup ini harus dilakukan dalam sistem operasi yang sama. Maksudnya, jika Anda melakukan backup ini di Windows 7, maka restore-nya juga harus di Windows 7.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...