Pages

2011/01/18

Hardware yang tidak diketahui informasinya

Artikel sebelumnya: Windows Driver anda bermasalah? Ikuti saja langkah-langkah penyelesaiannya disini

Ada sebuah contoh kasus, setelah Anda menginstal semua hardware yang dibutuhkan untuk komputer Anda, di dalam Device Manager ternyata masih ada satu hardware lagi yang belum terdeteksi. Hal ini bisa diketahui dengan adanya tanda seru berwarna kuning, dan hardware-nya diberi nama Unknown device.

Munculnya, unknown device ini bisa karena Anda salah menginstal drivernya sehingga sehingga sistem operasi tidak mengenalinya atau memang hardwarenya bermasalah.

Solusi termudah untuk mengatasi unknown device ini adalah dengan mendatangi website pembuatnya, dan mendownload drivernya di sana. Tapi bagaimaan caranya kita tahu bahwa si unknown device ini adalah hardware buatan vendor tertentu? Kasus ini sering dialami oleh orang yang membeli komputer dari orang lain yang awam terhadap computer. Sewaktu ditanya, “hardware ini drivernya mana?” Si penjual pun geleng-geleng kepala. Sedangkan kita juga tidak tahu ini hardware apa, merek apa, dan serinya berapa?. Lantas, mau cari drivernya pun bingung karena tidak ada informasi yang bisa dijadikan patokan.

Untuk mengatasi hal ini, ada dua cara. Cara yang pertama adalah melacaknya secara manual dari device manager. Karena setiap driver memiliki dua identitas, Vendor ID, dan Device ID. Dari situ kita bisa melacaknya.

1.Buka Device Manager dari Control Panel.

Sekedar catatan:

Seandainya tidak ada, cari saja System lalu pilih Hardware. Tepat di sebelah kanan bawahnya terdapat Device Manager, lalu klik saja. Bila masih bingung ikuti saja cara kedua pada kolom berikutnya.

2.Klik kanan pada Unknown Device, dan pilih Properties.

3.Pilih tab Details, dan Property dengan Hardware Ids. Dalam contoh saya, terlihat ada sebuah informasi yang bertuliskan WEC1020.

4.Buka Google, dan gunakan WEC1020 sebagai keyword-nya. Dari situ bisa diketahui bahwa WEC1020 adalah sebuah hardware IR Receiver buatan Winbond.

5.Seandainya di Hardware Ids itu muncul informasi dalam formal lain, seperrti contoh: HDAUDIO\FUNC_02&VEN_11C1&Dev_1040&SUBSYS_10250127&REV_102. Maka yang kita butuhkan hanyalah informasi di bagian VEN_11C1-&DEV_1040. Dimana VEN adalah Vendor ID, dan DDEV adalah Device ID. Dalam contoih itu, Vendor ID-nya adalah 11C1, dan Device ID-nya adalah 1040.

6.Buka website pcidatabase.com, dan masukkan Vendor ID dan Device ID.

7.Klik Search, dan hasilnya bisa kita dapatkan segera.

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan sebuah aplikasi gratis bernama Unknown Devices yang bisa di download dari halfdone.com dengan file berukuran 632 KB.

1.Ekstrak file ZIP nya, kemudian di dalamnya ekstrak lagi file yang bernama DeviceLists.zip.

2.Lalu jalankan UnknownDevices.exe

3.Aplikasi ini langsung akan men-scan, dan menampilkan hasilnya.

4.Klik dua kali pada nama hardware yang ingin diketahui infonya. Maka akan disajikan informasinya.

Memang, hasilnya yang diperoleh dari kedua cara itu tidak memberitahukan ke kita secara detail mengenai hardware yang tidak diketahui itu. Tapi setidaknya setelah mencoba kedua cara tadi, Anda bisa memperoleh sedikit informasi yang bisa dijadikan acuan dalam mencari drivernya di Internet.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...