Pages

2011/01/18

Instalasi Driver

Artikel sebelumnya: Cara Instalasi Driver yang benar

Sebenarnya tidak ada langkah-langkah tersembunyi dalam melakukan instalasi driver yang benar. Yang harus diperhatikan hanyalah urutannya:

1.Seandainya Anda melakukan instalasi driver saat Windows masih segar alias baru diinstal ulang, maka yang pertama harus diinstal adalah Service Pack milik Windows.

2.Setelah Service Pack, diikuti dengan menginstal Directx versi terbaru.

3.Lanjutkan dengan menginstal .NET Framework versi terbaru. Karena di beberapa driver, contohnya ATI Catalyst, membutuhkan .NET Framework untuk proses instalasi Catalyst Control Center.

4.Lanjutkan dengan menginstal driver yang Anda inginkan. Lakukan instalasi ini langsung dari installer driver tersebut. Jangan melalui fitur Update Driver. Fitur Update Driver baru diguankan apabila di dalam file driver ini tidak terdapat file executable untuk menjalankan proses instalasi.

5.Laksanakan proses instalasi driver secara satu per satu, jangan berbarengan. Selesaikan dulu proses instalasi yang sedang berlangsung, restart jika diperlukan, baru install driver yang berikutnya.


- - - - - - - - - - - - - - - -- - -- -- - -


DirectX. Kumpulan Aplication Programming Interface (API) untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia, khususnya game komputer dalam Windows. API tersebut digunakan oleh Microsoft agar Windows dapat berkomunikasi dengan hardware. DirectX dapat di download gratis dari Microsoft. Untuk hardwarenya sendiri diperlukan software driver yang mendukung DirectX tersebut agar dapat digunakan.

Catalyst Control Center. Aplikasi yang dipakai untuk mengandalikan dan mengelola performa dan kualitas visual video card khusus ATI RADEON.

Executable. File yang mengandung program yang dapat dieksekusi atau dijalankan dalam sebuah computer tanpa bantuan aplikasi lain. File executable biasanya berekstensi EXE.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...