Pages

2010/05/17

Menikmati berita-berita teraktual dalam format PDF

Untuk berbagai situs berita.
.
Saat ini informasi bergerak sedemikian cepatnya. Setiap detik informasi selalu di update, tentu Anda tidak ingin ketinggalan olehnya. Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita teraktual tanpa harus repot-repot membuka situs berita.

Cobalah aplikasi YourOwnNewsMaker. Aplikasi ini akan mengambil konten dari RSS Feeds yang disediakan oleh suatu situs berita, yang kemudian mengubahnya menjadi sebuah file PDF. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menikmati berita terbaru, sekaligus bisa mengarsipkannya dalam bentuk file PDF.

Sebenarnya aplikasi ini dapat dipergunakan untuk berbagai situs berita. Namun pada Tip dan trik kali ini, situs berita yang kita pergunakan adalah Kompas.com. Selanjutnya, download aplikasi ini pada alamat Your Own News Maker Google code.com, dengan ukuran file sebesar 12,69 MB

Berikut tutorial penggunaannya :

1. Setelah anda melakukan instalasi aplikasi ini pada komputer anda,

2. Pilih menu Actions, kemudian masukkan alamat atau link RSS Feed pada Add Source. Contoh alamat link untuk Kompas : http://www.kompas/getrss/Nasional. Klik OK

3. Link yang Anda isikan tadi sekarang sudah terletak di jendela SUbriptions, klik tulisan yang ada di bawah menu Content.

4. Selanjutnya, untuk membuat file PDF dari berita tersebut, kita membutuhkan suatu template. Klik pada salah satu konten berita. Kemudian Klik Menu File à Page Rules Wizard. Selanjutnya akan muncul jendel berisi tag-tag HTML. Cari dan seleksi pada bagian isi berita yang ingin kita tampilkan beserta tag HTML-nya, kemudian klik Next

5. Pada halaman selanjutnya, halaman ini hanya berisi aturan penulisan pada template. Karena kita sudah mendefinisikannya dengan seleksi tadi maka halaman ini tidak perlu diisi lagi. Pada halaman ketiga hanya berisi hasil akhir dari template yang kita buat, klik Finish.

6. Terakhir, Anda bisa membuat sebuah file PDF. Kemudian simpan di tempat yang Anda inginkan.


- - - - - - - - - - - - - - - - - -


RSS Feeds. File berformat XML yang dikeluarkan oleh situs web berita dan web blog yang menyediakan link tetang ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap, dan bahkan gambar serta suara. RSS digunakan dengan berbagai tujuan, termasuk pemasaran, press release, laporan regular produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan priodik, dan tentunya publikasi.
PDF. Singkatan dari Portable Document Format adalah sebuah format file yang dibuat oleh Adobe System Inc, pada tahun 1993, untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra, dan grafik vector dua dimensi. Tapi pada perkembangannya, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 12 Juli 2008, dengan kode ISO 32000-1:2008.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...