Pages

2011/04/24

Jenis-jenis virus Komputer

Berikut di bawah ini jenis-jenis virus komputer yang perlu anda ketahui



Boot Sector Virus



Virus boot sector merupakan virus yang menggunakan boot sector sebagai tempat untuk menyembunyikan dirinya. Boot sector merupakan area atau sektor khusus pada harddisk (atau floppy disk/CD/DVD) yang berisi berbagai informasi tentang harddisk tersebut. Metode penularan virus boot sector didasari oleh fakta bahwa sistem oeprasi sering emngakses boot sector untuk mendapatkan informasi tetentu. Ketika menjalankan file, sistem membaca boot sector untuk mengetahui lokasi file tersebut. Saat boot sector terinfeksi virus boot sector, sistem membaca (dan turut menjalankan) kode-kode virus sehingga virus menjadi aktif dan siap menular. Namun, virus boot sector tidak lagi populer karena berkurangnya penggunaa floppy diskyang merupakan media paling efektif sebagai tempat tinggal virus tersebut.



Browser Hijacker



Dengan seringnya pengguna internet melakukan browsing, pembuat virus mengeksploitasi celah kelemahan pada browser Internet (Internet Explorer). Beberapa aksi yang dapat dilakukan oleh virus browser hijacker adalah:



Mengubah atau membelokkan alamat tujuan yang diketikdi browser (umumnya, taktik itu digunakan untuk meningkatkan hit kunjungan pada web tertentu dan mendapatkan keuntungan dari iklan web.).



Meng-install browser helper object yang digunakan untuk mengontrol brower sepenuhnya dan mendapatkan informasi yang tersimpan di browser (seperti history alamat yang dikunjungi, user name dan password, dan data yang di-submit pada form), dan



Mengubah sistem setting seperti startup program atau Internet setting.



Browser hijacker dapat dikategorikan sebagai virus karena menumpang pada sistem (browser) dan dapat melakukan duplikasi untuk menginfeksi sistem lain. Salah satu virus berjenis browser hijacker yang cukup populer adalah CoolWebSearch (yang akan mengarahkan browser ke alamat coolwebsearch.com) dan websiteblockonline.com (yang menampilkan pesan seolah-olah komputer sedang terserang virus).



Selanjutnya . . . . . . !

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...