Pages

2011/04/24

Adobe Acrobat Online Storage

Artikel Sebelumnya : Trik jitu menyimpan File di Internet secara praktis


Adobe Acrobat Online Storage


Aplikasi cloud drive bermuara di situs Acrobat.com.Aplikasi cloud ini juga menyediakan fasilitas lebihd ari sekedar penyimpanan file. Tampilan cloud drive yang sederhana hanya mengizinkan pengguna membuat folder, upload file, download file, dan mengatur menu Views tanpa membuka apliaksi browser. Bagi pengguna advance, Acrobat Online Storage lebih powerful dengan tersedianya banyak tool.


Mengakses Fungsi Sederhana Acrobat


Untuk mengakses fungsi sederhana Acrobat, ikuti langkah-langkah berikut ini.


1.Buka web browser menuju Acrobat.com, lakukan login dengan alamat e-mail dan password saat registrasi.


2.Sebagai layanan penyimpanan data, fungi sederhana upload file harus mudh ditemukan. Upload file dari toolbar kiri atas.


3.Acrobat memiliki aplikasi pengolah dokumen word sendiri, yaitu Buzzword. Anda dapat melakukan import file dokumen (doc docx, xml, odt, txt, dan rtf) ke jenis buzzword. Klik toolbar Import.


4.Untuk membuat file docomen buzzword dari awal dan mengedit dengan fungsi standar teks editor, klik toolbar New lalu pilih buzzword document.


Silahkan memulai menulis tugas Anda.


5.Pengguna dapat melakukan konversi file dokumen ke bentuk PDF, tetapi terbatas sampai lima kali konversi untuk pengguna account gratis. Anda dapat meningkatkan ke account berbayar untuk penggunaan seterusnya. Gunakan toolbar Create PDF lalu pilih Convert a File to PDF.


6.Akan muncul window abaru dengan pemberitahuan hanya lima kali pemakaian untuk account gratis. Klik Pick File untuk memulai.


7.Lakukan pencarian file yang akan di-convert ke PDF lalu klik Open.


8.Workspace terbagi menjadi dua, yaitu shared wordspace dan personal workspace. Anda bisa melakukan share folder dengan memindahkan file-file ke folder shared workspace. Pilih File lalu klik segitiga ke baah dan pilih Share.


9.Di pojok kiri bawah akan muncul pilihan apakah file akan diletakkan di workspace atau melakukan share ke orang tertentu yang akan Anda undang atau melakukan opsi orang yang Anda undang dapat melakukan reshare ke pengguna yang lain.


10.Klik Move it to shared workspace untuk menyimpan file presentasi di folder share lalu muncul window untuk pilih ke folder lalu klik Move.


11.Jika hanya ingin melakukan share file, klik Share it with more individuals lalu undang-undang orang yang Anda kehendaki dengan mengisikan nama e-mail dan pesan.


Membuat File Presentasi


Selain word processor, terdapat menu pembuatan file presentasi. File presentasi dapat diakses oleh pengguna lain dengan mengaktifkan fitur Collaboration. Ketika terjadi proses sharing file, author melakukan edit. Teks berwarna merah akan telrihat oleh pengguna lain (viewer) secara online. Berikut langkah untuk membuat dokumen presentasi.


1.Klik panel New > Presentation. Desktop akan berubah menjadi presentation workspace.


2.Pilih background theme untuk model tampilan presentasi Anda.


3.Tentukan kombinasi warna theme, klik tab dengan tampilan warna-warni.


4.Tentukan mode transition antar halaman dengan mengeklik tab paling kanan.


5.Buat halaman slide baru dengan meng-klik tab New Slide.


6.Mulai isikan halaman slide dan edit tulisan pada toolbar Text.


7.Mainkan presentasi Anda dari menu Presentation > play.


8.Lakukan sharing file presentasi Anda dari menu Presentation > Share. Lakukan langkah share seperti langkah sebelumnya.


- - - - -- - - - - - - - - - - - - - -- - - -


Workspace. Dalam konteks software service, workspace adalah istilah yang digunakan oleh vendor software untuk aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan pertukaran dan pengaturan file melalui internet. Aplikasi ini memiliki keunggulan dibandingkan klien FTP tradisional. Kemampuan untuk mengorganisir informasi dalam lingkungan antarmuka yang user fiendly dari para pertukaran data yagn masih berbasis file.


Buzzword. Buzzword merupakan aplikasi pengolah kata secara online yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berkolaborasi pada dokumen teks online. Beberapa pengguna dapat diberi peranan yang berbeda oleh penulis untuk membaca, mereview, dan berkomentas. Buzzword dibuat oleh Adobe untuk menyediakan fasilitas layanan cloud.


Cloud. Merujuk pada komputasi cloud mengaplikasikan pemanfaatan teknologi Internet sebagai pusat layanan akses, seperti software dan media penyimpanan data. Pengguna tidak perlu lagi menginstalasi program mereka di harddisk fisik karena semuanya telah terkonfigurasi oleh layanan tertentu berbasiskan Internet. Data Informasi tersimpan secara permanen di server internet dan tersimpan secara sementara oleh pengguna (client).

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...