Pages

2011/04/24

Web Scripting (Worm)

Artikel sebelumnya : Jenis-jenis virus komputer


Web Scripting (Worm)


Banyak website yang menggunakan kode yang kompleks untuk menghaislkan tampilan yang menarik. Sebagai contoh, untuk menampilkan video online pada browser, dibutuhkan eksekusi kode agar browser dapat dijadikan video player. Kode-kode semacam itu (atau disebut dengan script) dapat dieksploitasi oleh cracker untuk menginfeksi dirinya ke dalam sistem komputer melalui website yang diakses pengguna.


Platform yang dapat digunakan untuk membuat web scripting virus adlaah Visual basic dan Active X (teknoogi web yang digunakan oleh Microsoft yang memungkinkan halaman web dapat men-download program secara langsung dan mengeksekusinya). Di satu sisi, modul ActiveX cukup efisien dalam pengelolaan halaman web, tetapi sekaligus menimbulkan celah untuk dieksploitasi. Karena tidak menumpang pada file tertentu, web scripting semaam itu juga dapat dikategorikans ebagai worm.


Contoh virus/worm yang dikategorikan sebagai web scripting adlaah MsKunti (virus web scripting lokal yang dibuat dengan VB Script dengan aksi menghasilkan beberapa pesan teks maupun HTML) dan Serviks ( yang juga menghasikan pesan dlaam bentuk teks dan dialog box).


Penutup


Saat sistem komputer diketahui terinfeksi virus, langkah yang perlu diambil adalah menghentikan penyebarannya dengan mengisolasi komputer dari akses file ataupun jaringan. Langkah itu memastikan virus tidak tersebar. Sebelum melakukan pemberishan dengan software antivirus, ada baiknya Anda melakukan pembersihan dengan tool System Restore (pada sistem operasi Windows) yang dapat mengembalikan registry dan file penting lainnya pada restore point tertentu. Opsi untuk menginstall ulang sistem operasi daat dijadikan opsi terakhir untuk menghapus virus secara tuntas.


Informasi lebih lanjut


Wikipedia.org


Makeuseof.com

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...