Pages

2011/04/24

Box.net, menyimpan File di Internet secara praktis

Artikel Sebelumnya : Trik jitu menyimpan File di Internet secara praktis


Box.net


Aktifkan account Box.net


Box.net merupakan web penyedia layanan simpan file dan layanan aplikasi yang bersifat cloud. Box.net menawarkan personal account akses penyimpanan 5 GB gratis, 500 GB bagi pengguna berbayar, dan versi mobile, seperti iPhone, iPad, dan Android. Pengguna personal account bisa menggunakannya dengna mengikuti langkah-langkah berikut ini.


1.Buat account terlebih dahulu dengan masuk ke situs box.net lalu klik tombol sign up di kanan atas untuk mendaftarkan diri.


2.Pada halaman ini, kita diberi pilihan sebagai personal member atau business meber. Pastinya kita akan mendaftar sebagai personal free user, tetapi dengan keterbatasan penyimpanan hanya 5 GB.


3.Buatlah account dengan mengisikan data nama, e-mail, password, nomor telepon, pilih storage free 5 GB untuk free user dan jangan lupa centang persetujuan untuk penggunaan non komersial.


Akses folder


Setelah membuat account, kita akan menerima pemberitahuan lewat e-mail. Silahkan buka account e-mail Anda dan klik link konfirmasi yagn diberikan. Untuk selanjutnya, Anda bisa masuk ke Boxnet dengan e-mail dan password Anda.


Kali pertama Anda masuk ke desktop Box.net dan langsung muncul pop up untuk membuat folder.


1.Login ke Box.net dengan e-mail dan password tadi.


2.Buat folder dengan mengklik toolbar Folder.


3.Isikan nama folder lalau beri pilihan Just Me jika ingin hanya Anda yang berhak mengakses data di dalamnya.


4.Untuk data yang dapat diakses bersama, centang Invite People to upload or download this files lalu isikan e-mail orang yang Anda izinkan untuk mengakses data.


5.Tentunya dengan memperhatikan tingkat privacy policy, berikan tipe akses sebagai editor atau hanya viewer.


Anda sekarang telah memiliki folder pribadi dan folder bersama. Isi folder dengan file-file yang Anda kehendaki.


1.Klik tombol Upload di panel atas, lalu akan tampak window upload files. Klik Add more files dan cari letak file yang akan di upload.


2.Isikan deskripsi sesuai keinginan Anda lalu klik tombol Upload.


Membuat Dokumen Online


Senang menulis di amna saja, apa saja, atau Anda ingin menulis sesuatu yang bersifat rahasia dan tak bisa dibuka oleh aplikasi text editor, misalnya? Box net menyediakan fitur untuk membuat dokumen online, yakni Web doc. Web doc merupakan keunggulan fitur dan sekaligus kelemahan karena dokumen yang dihasilkan tidak bisa dibaca dari aplikasi lain.


Untuk menggunakan Web doc, ikuti langkah-langkah berikut ini.


1.Klik tab web doc, berikan judul dan deskripsi dokumen tersebut lalu klik OK.


2.Box.net akan membuka tab window baru di browser dan Anda dapat memulai mengetik. Sayang sekali fungsi upload gambar tidak berjalan dengan baik.


Collaborate User


Pada awal pembuatan folder, kita sudah mengundang orang lain untuk mengakses folder. Untuk menambahkannya, kita bisa menggunakanf asilitas Collaborators.


1.Klik tab menu Collaborators di panel atas.


2.Akan terlihat siapa saja orang yang telah Anda undang untuk pemakaian folder bersama. Klik tab Add Collaborators untuk menambah orang.


3.Pilih folder yang akan di-share atau bisa saja Anda membuat folder baru


4.Masukkan e-mail calon pengguna dan jangan lupa pilih tipe akses yang diperbolehkan.


5.Berikan deskripsi untuk folder yang di-share lalu klik Invite


SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...