Pages

2011/01/01

Kloning

XML dan Hiren’s Boot CD

Artikel sebelumnya : Tutorial dan perangkat lunak untuk melakukan partisi Harddisk anda secara gratis

Bagi yang hobinya mengutak-atik computer dan sering melakukan install/uninstall berbagai jenis program tentunya aan berdampak kepada kinerja komputer yang dipakai. Jika hal ini dibiarkan, maka kinerja komputer akan turun. Proses loading semakin lama, program jalannya tersendat-sendat, atau bahkan menyebabkan hang. Anda tentu pernah mengalami hal seperti ini juga, bukan?

Satu-satunya cara agar computer tersebut segar kembali adalah dengan menginstal ulang OS-nya. Tapi bila kami harus melakukan install ulang setiap bulan, tentu akans angat melelahkan. Sebab selain menginstal OS, kami juga harus instal driver, setting jaringan, dan berbagai proses tweaking lainnya.

Agar kami bisa mendaatkan system yang segar setiap bulannya tanpa harus install ulang dan sebagainya, kami memanfaatkan teknologi cloning harddisk. Hanya dengan beberapa klik, sistem yang sudah berat itu bisa menjadi ringan kembali sama seperti habis diinstal ulang.

Aplikasi favorit kami untuk mengkloning sebenarnya Norton Ghost. Tapi berhubung aplikasi tersebut bukan aplikasi gratisan, maka kami beralih ke DriveImage XML. Aplikasi ini bisa melakukan cloning disk to disk atau ke dalam bentuk image.

Anda bisa mendapatkannya gratis di runtime.org, dengan file berukuran 1,78 MB. Tapi installer yang ini harus digunakan dari dalam Windows. Sementara saya lebih senang melakukan proses cloning dari luar Windows agar semakin optimal. Caranya? Bila Anda ingin membaca artikel Hiren’s Boot CD, maka Anda bisa mendapatkan DriveImage XML yang siap pakai di dalam Hiren’s Boot CD. Sebagai informasi, file Hiren’s Boot CD bisa Anda dapatkan dari alamat website hiternsbooted.net dengan ukuran file 259 MB.

1.Ekstrak, lalu bakar file ISO-nya ke CD seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel.

2.Lakukan booting dari CD, di opsi yang muncul, pilih Mini Windows XP.

3.Setelah masuk ke dalam Mini Windows XP, klik Launcher yang ada di system tray dan pilih Backup > DriveImage XML.

4.Di dalam jendela DriveImage XML, klik Backup, dan pilih partisi yang ingin dikloning. Klik Next.

5.Berikutnya tentukan direktori dimana Anda ingin menyimpan hasil cloning itu. Usahakan kapasitas yang tersedia masih mencukupi, dan jangan khawatir dengan data yang ada di direktori itu.

6.Klik Next, dan proses cloning akan dimulai. Lamanya proses tergantung kapasitasnya.

Setelah selesai, di direktori tujuan tadi akan terdapat dua buah file bernama sama dengan extension XML, dan DAT. Kedua file inilah yang merupakan hasil kloningan partisi tersebut. Anda bisa menyimpan kedua file ini di harddisk portable, DVD, atau media penyimpanan lain sesuka Anda.

Setelah mendapat hasil kloningan, maka untuk me-restore-nya kembali ke harddisk, caranya juga sangat mudah.

1.Jalankan kembali Driveimage XML, pilih Restore, lalu klik Next

2.Klik Browse, dan arahkan ke lokasi tempat Anda menyimpan file dengan extension XML, tadi. Klik Next.

3.Lalu, pilih partisi dimana kloningan tadi akan di restore. Hati-hati jangan sampai salah pilih.

4.Klik Next, sampai pada peringatan yang muncul ketik nama disk-nya, lalu klik OK.

5.Proses restore akan berlangsung, lamanya tergantung dari kapasitas yang di restore.

Selain membackup ke dalam bentuk image, DriveImage XML juga bisa melakukan proses cloning langsung dari partisi ke partisi tanpa melalui proses pembuatan image terlebih dahulu.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Norton Ghost. Awalnya bernama Ghost yang dikembangkan oleh Murray Haszard untuk Binary Research di tahun 1995. Kini teknologinya sudah diambil alih oleh Symantec pada tahun 1998. Nama Ghost sendiri adalah singkatan dari General Hardware Oriented System Transfer. Ghost sendiri berfungsi untuk mengkloning harddisk.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...