Pages

2011/01/01

Ultimate Defrag

Meningkatkan performa


Artikel sebelumnya: Tingkatkan Performa Harddisk

Salah satu biang kerok penurunan performa komputer adalah harddisk yang dalam keadaan terfragmentasi. Apalagi bila ada sejumlah besar file yang terfragmentasi, maka akan menurunkan aktivitas pemrosesan yang dilakukan oleh computer.

Untuk membantu proses defragmentasi, seperti kita ketahui banyak sekali aplikasi yang bisa melakukan hal ini. Bahkan di Windows pun sudah ada fasilitasnya. Tapi pilihan saya jatuh ke Ultimate Defrag, karena selain dapat melakukan proses defragmentasi dengan baik, ia juga akan menempatkan file yang paling sering digunakan di lokasi dengan akses tercepat. Ultimate Defrag bisa di download secara gratis dari http://bit.ly/8KlKlq dengan file berukuran 2,42 MB.

1.Instal Ultimate Defrag seperti biasa. Setelah selesai, jalankan, dan di jendela yang muncul pilih Yes.

2.Klik menu Tools > Option

3.Di tab General, pada bagian High Performance, beri centang Automatic. Kik OK

4.Kembali ke jendela utama Ultimate Defrag, klik Start.

5.Setelah selesai, tutup semua aplikasi, dan kembali jalankan NovaBench.

Setelah di benchmark ulang dengan NovaBench, komputer saya sekarang mendapat skor 687. Ada peningkatan sebesar 19 poin hanya dengan melakukan dua hal yang sederhana tadi. Coba anda bayangkan apabila aksi digabungkan dengan proses-proses tweaking lainnya. Tentu skor yang didapat akan semakin besar.

Sebagai perbandingan, Anda bisa membandingkan skor Anda dengan pengguna NovaBench yang lain secara online. Caranya ? ikut saja tutorial berikut di bawah ini.

1.Klik Compare These Result Online.

2.Browser akan terbuka di halaman yang muncul klik Keep this score anonymous.

3.Di halaman berikutnya lagi, klik Find Similar Scores.

4.Setelah itu, hasil perbandingan komputer anda dengan komputer yang lain terlihat.


- - - - - -- - - - - - -- - - - - - -


Defragmentasi. Proses untuk memperbaiki file yang mengalami fragmentasi Internal. Bisa diartikan sebagai proses untuk mengurutkan (reorganisasi) kembali data-data (file) yang terdapat dalam harddisk. File yang terfragmentasi alaah file yang terpisahkan oleh suatu jarak di dalam harddisk. Jarak tersebut ada karena pengguna menghapus file didalam harddisk atau bisa juga sering melakukan proses uninstall aplikasi. Untuk menghilangkan jarak tersebut kita mengenal istilah defragmentasi. Tujuannya antara lain untuk mempercepat akses data di dalam harddisk.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...