Pages

2010/12/17

Membuat Subtitle

Lirik lengkap

Artikel sebelumnya: Mau tahu cara membuat karaoke secara gratis

Sekarang, Anda sudah memiliki sebuah video karaoke. Yang kurang hanya tampilan lirik di video tersebut. Untuk menambah lirik ke dalam video, kita membutuhkan aplikasi Subtitle Workshop yang bisa di download dari urusoft.net dengan ukuran file 1,03 MB. Tidak lupa, siapkan juga lirik lagu yang ingin ditaruh di video tersebut. D sini Anda akan membutuhkan kejelian dalam membaca timing kapan kata akan diucapkan. Proses ini baru proses membuat subtitle-nya saja, belum proses penggabungan ke video.

1.Instal Subtitle Workshop seperti biasa.

2.Jalankan Subtitle Workshop, klik menu File, Now subtitle.

3.Lalu klik pada menu Movie, Open . . . . Pilih video karaoke-nya. Pilihlah video yang belum di edit sehingga katakatanya masih terdengar jelas.

4.Sebagai contoh, lirik lagu dalam video yang kami jadikan percobaan adalah seperti ini. Sekarang, posisikan slider di akhir kata “room” diucapkan. Lalu, klik tombol End subtitle. Saat tombol itu ditekan, timing—nya akan muncul di kolom Hide, dan akan langsung otomatis berpindah ke baris berikutnya.

5.Sekarang, posisikan slider di akhir kata “bunker” diucapkan. Klik kembali tombol End Subtitle. Lakukan aksi ini seterusnya sampai lagunya selesai atau per bait. Terserah Anda.

6.Sekarang posisikan slider di awal kata “this” pertama yang diucapkan. Lik baris nomor 1, dan klik tombol Set start time.

7.Pindah ke baris nomor 2, posisikan lagi slider di awal kata “this” kedua yang diucapkan. Lalu, kik tombol Set start time. Lakukan aksi ini seterusnya sampai lagunya selesai atau per bait.

8.Klik kembali baris nomor 1, lalu tulis lirik atau kata yang muncul di kotak yang tersedia. Dalam contah saya, lirik yang muncul adalah “this grey room”.

9.Pindah ke bari dua, tulis lagi lirik yang muncul, contohnya “thin bunker”.

10.Coba mainkan videonya. Apakah kemunculan teks-nya sinkron dengan lagunya. BIla tidak sinkron, edit lagi timing-nya.

11.Lalu, simpan dalam format SubRip.

Dari sini, sebenarnya proses sudah hampir jadi. Jika Anda taruh video karaoke dan subtitle ini di dalam folder yang sama dengan naman yang sama, maka saat dimainkan dengan Windows Media Player Classic, sudah mirip dengan karaoke yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...