Pages

2010/12/17

Menggabungkan Audio dan Video

Audacity dan Windows Movie Maker



Setelah tadi kita sudah membahas cara mudah untuk membuat sebuah lagu karaoke tanpa visual, sekarang kita akan membuatnya dengan tambahan visual seperti yang ada di tempattempat karaoke pada umumnya.

Aplikasi yang kita butuhkan di sini cukup banyak, tapi semuanya gratis. Cuma tidak seperti karaoke pada umumnya, tulisan teks lagu yang muncul warnanya tidak bisa berubah mengikuti kata yang seharusnya dinyanyikan saat itu. Teksnya, Cuma muncul seperrti layaknya subtitle pada film.

1.Siapkan lagu dan video yang ingin digabungkan menjadi karaoke. Untuk lagu, filenya bisa berupa MP3. Lalu, praktekkan trik pada artikel sebelumnya diatas yang menggunakan Audacity.

2.Untuk videonya, bisa berupa AVI atau WMV. Anda bisa mendownload video yang dibutuhkan melalui YouTube. Cara men-download video dari Youtube telah Anda ketahui toh. Usahakan lagu dan videonya memiliki durasi waktu yang sama.

3.Sekarang, buka Windows Movie Maker dari menu Start. Klik tombol Import Media.

4.Lalu, pilih file lagu dan video yang sudah disiapkan.

5.Drag file video dan lagu ke dalam timeline yang ada di bawah.

6.Lalu klik menu Tools, Audio Levels. Geser slider-nya ke bagian Audio/Music. Aksi ini bertujuan agar suara yang muncul difokuskan ke suara dari lagu, bukan dari videonya.

7.Sekarang, klik Play dan mainkan videonya. Jika durasi antara lagu dan video sama, pasti tidak ada masalah. Karena keduanya pasti sudah sinkron.

8.Untuk menyimpannya, klik menu file, Publish Movie.

9.Selanjutnya, pilih opsi This Computer, dan klik Next.

10.Beri nama dan lokasi penyimpanan sesuka Anda.

11.Pilih opsi More Settings, dan pilih kualitas video yang diinginkan. Lalu, klik Publish.

12.Tunggu prosesnya hingga selesai. Proses ini tergantung dari kualitas video yang Anda pilih dan kemampuan komputer Anda.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...