Pages

2010/10/29

Cara Mengenkripsi Data Komputer Menggunakan TrueCrypt



Telusuri langkah-langkahnya

TrueCrypt sendiri merupakan software opensource enkripsi gratis untuk windows yang dapat membuat enkripsi virtual ke dalam file dan menyusun data terenkripsi tersebut ke dalam disk secara real. Selain itu, perangkat ini dapat digunakan untuk USB flash drive ataupun hard drive ektsternal.


Berikut di bawah ini panduan langkah demi langkah untuk membuat penyusunan dan pengunaan volume TrueCrypt.

Langkan 1, jalankan aplikasi. Klik tombol Create Volume



Langkah 2. Sesuai dengan tujuan kita diatas, yakni menciptakan volume TrueCrypt. Kini, anda perlu membuat file (container) terlebih dahulu. Volume TrueCrypt akan berada pada file berikut. Untuk membuat file tersebut, opsi pertama yang bisa dilakukan adalah membuat wadah file yang dienkripsi dan klik Next.
Disitu anda pun diberikan pilihan lain, yakni Encrypt a non-system partition/drive, Encrypt the system partition atau entire system drive.



Langkah 3. Pilih Standard TrueCrypt volume dan klik Next.



Langkah 4. Sekarang klik pada tombol File untuk memilih lokasi wadah file. File ini seperti file lain dan butuh beberapa ruang. Anda dapat membuat dan menyimpan file ini di mana saja pada komputer Anda.



Langkah 5. Dalam contoh ini, saya akan membuat file yang berlokasi pada C: \ Users \ Himanshu \ Documents. Dan saya akan memberikan nama pada file tersebut : himanshufiles.



Langkah 6. Sekarang pilih Ecryption algorithm dari menu drop down. Opsi default-nya adalah AES yang digunakan oleh pemerintah di seluruh dunia untuk mengamankan informasi sensitif mereka. Jadi kita tetap menggunakan itu.



Langkah 7: Pilih volume untuk wadah TrueCrypt. Disini, Anda dapat memberikan nilai berapapun dan klik Next.



Langkah 8: Masukkan password / sandi untuk volume tersebut.



Langkah 9: Gerakkan mouse Anda secara acak pada jendela Volume Creation Wizard selama minimal 30 detik. Kegiatan tersebut akan meningkatkan kekuatan kriptografi untuk encryption key, side effect-nya sistem kekuatan keamanan pun mengalami peningkatan pula.

Sekarang pilih Filesystem dari menu drop down. Pilih NTFS dan klik tombol Format.


Langkah 10: Langkah berikut merupakan proses awal penciptaan volume TrueCrypt. Setelah proses selesai, anda dapat melihat jendela pemberitahuan seperti yang ditunjukkan pada gambar. Kemudian Klik tombol OK



Langkah 11: Sebuah jendela akan muncul meminta Anda untuk membuat volume lain untuk Truecrypt. Namun, Anda tidak perlu menciptakan volume lainnya. Lalu, Klik tombol Exit



Langkah 12: Sekarang kita harus mengatur volume yang telah kita buat pada drive. Untuk melakukan tugas ini, arahkan mouse pointer anda ke jendela TruCrypt yang terbuka. Jika tidak terbuka, bukalah aplikasi tersebut.

Disitu anda menemukan beberapa pilihan drive. Pilih drive H atau apapun. Klik tombol file



Langkah 13: Browse file dan pilih wadah fileh. Di sini saya akan mengunjungi ke lokasi C: \ Users \ Himanshu \ Documents yang tadi dijakan tempat membuat wadah file (himanshufile)



Langkah 14: Semuanya telah dilakukan. Sekarang kita perlu menyusun file yang terdapat pada drive H (himanshufile). Untuk melakukan hal ini, klik tombol Mount.



Langkah 15: Disini anda akan ditanyakan untuk password yang tleah ditetapkan pada langkah ke 8. Masukkan password/sandi pada tempat yang telah disediakan dan klik tombol Ok



Langkah 16: Setelah anda memasukkan sandi / password yang benar. Maka TrueCrypt akan langsung mengatur volume pada drive tersebut. Anda dapat melihatnya pada gambar.



Langkah 17: Lahkah ini akan membuat disk virtual pada komputer Anda dan Anda dapat dengan mudah melihat disk ini pada setiap kunjungan


Bagaimana membuka file di dalam drive

Jika semua data telah dienkripsi maka bagaimana Anda membukanya? Anda bisa membukanya saat Anda membuka file pada PC Anda. Bila Anda membuka file apa saja, maka secara otomatis data tersebut di enkripsi. Semua enkripsi data tersimpan pada Ram. Anda tidak perlu memasukkan kata sandi / password untuk setiap ingin membuka file.

Bila anda ingin langsung mengakses drive, anda dapat melakukan restart komputer anda. Maka secara otomatis file didalamnya tidak bisa diakses atau terenkripsi. Solusinya, anda bisa meng-klik tombol dismount pada jendela TruCrypt. Jangan lupa untuk memilik drive yang ingin anda dibuka sebelum mengklik tombol dismount.

Bagaimana saya bisa mengakses file-file saya lagi

Anda harus menurunkan volume pada drive. Untuk melakukan ini, ulangi langkah tersebut 12 sampai dengan 16 kali. . . .. .. . . (ngangkat barbel kali..iii ! kalau gitu bukannya file nya terbaca, otot user yang besar ) 

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...