Pages

2010/09/11

Konstruksi Fisik & Komponen-komponen pada robotika

Tiga bagian
.
Artikel sebelumnya: Robotika, icon kemajuan teknologi

Sebuah robot membutuhkan framework dimana perancang robot dapat menambahkan dan mengurangi komponen atau mengintegrasikan suatu subsistem yang menjadikan robot dapat berfungsi. Framework ini diistilahkan dengan platform. Platform untuk robot sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan, seperti ringan (mengunakan plexiglass atau platik lain, bukan baja kecuali memang benar-benar dibutuhkan). Kemudakan dalam menambahkan atau mengurangi komponen (seperti PCB), dan ukuran yang praktis.

Untuk komponen-komponen yang dibutuhkan dari sebuah robot dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1.Sumber daya. Meskipun berbagai jenis sumber daya dapat digunakan utnuk menggerakkan robot, sumber daya utama robot umumnya menggunakan sel fotovoltaic atau baterai. Sel fotovoltaik atau juga disebut sel surya merupaakn teknologi konversi yang mampu mengubah cahaya (foto) menjadi listrik (volt) secara langsung. Sedangkan untuk sumber daya baterai dikenal beberapa jenis, yaitu rechargeable dan non-rechargeable. Baterai yang non-rechargeable biasanya mempunyai daya yang lebih besar seperti jenis baterai Alkaline dan Litihium.

Sedangkan baterai yang rechargeable misalnya nickel cadmium dan Ni-MH mengahantarkan tegangan yang lebih kecil (1.2V) dibandingkan baterai Alkaline (1.5V).

2.Aktuator. Perangkat actuator merupakan perangkat mekanis yang membuat sebuah robot dapat bergerak. Perangkat actuator yang umum, antara lain motor elektrik, motor DC servo dan Motor DC Stepper, ultrasonic motor, linear motor, torque motor, sistem pneumatic (perangkat kompresi berbasis udara atau gas nitrogen) dan perangkat hidrolik (berbasis bahan cair seperti oli). Saat ini, muncul bentuk actuator yang cukp berprospek adalah Shape Memory Alloys (SMA atau Paduan Ingat bentuk) yang digunakan untuk mengimitasi otot manusia.

3.Gripper. Merupakan komponen dari robot yang digunakan untuk memanipulasi objek yang hendak diambil. Gripper yang berfungsi sebagai pengganti tangan ini memiliki bentuk yang bermacam-macam, mulai dari yang sederhana hingga berbentuk lengan yang kompleks.





No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...