Pages

2010/08/09

Membaca dan mengexplore partisi Linux langsung dari Windows

Menampilkan ataupun mengcopy
.


Kesulitan menampilkan ataupun meng-copy file dan folder sering ditemui pada user yang menggunakan dua OS berbea, dan menggunakan konsep dual boot. Masing-masing OS tentunya menggunakan file system yang berbeda sehingga untuk pembacaan file dibutuhkan aplikasi tambahan yang menjembataninya, salah satunya adalah Ext2Read 2.2.71.

Aplikasi ini digunakan untuk menampilkan ataupun meng-copy file dan folder yang disimpan dalam file system ext2/ext3/ext4/lvm yang digunakan oleh Linux. Layaknya seperti Windows Explorer, aplikasi ini memiliki interface yang sederhana sehingga mudah digunakan.

User dapat secara rekursif mengcopy keseluruhan folder-folder, bahkan sampai direktori root “/”. Aplikasi ini mendukung eksternal USB disk, disk, dan file system image (rootdisk), serta Unicode.

Harga : Gratis
Ukuran File : 3,58 MB
Download : Freewarefiles.com

- - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Ext3. Third Extended Filesystem merupakan file system ter journal yang banyak digunakan sebagai default file system Linux. File System ext3 kali pertama diperkenalkan oleh Stephen Tweedie, pada saat da terlibat pada proyek ext2 di mailing list kernel pada Februari 1999. File system ini kemudian dimasukkan ke dalam kernel Linux 2.4.15 pada November 2001. Sebagai kelanjutan dari proyek ext3, saat ini telah diperkenalkan proyek ext4 oleh Theodore Ts’o pada 28 Juni 2006.
Unicode. Suatu standar industri yang dirancang untuk mengizinkan teks dan symbol dari semua system tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh computer. Dikembangkan secara tandem dengan standar Universal Character Set, dan dipublikasikan dalam bentuk buku The Unicode Standard. Unicode mengandung suatu kumpulan karakter, suatu metodologi pengkodean dan kumpulan standar penyandian karakter, suatu kumpulan bagan kode untuk referensi visual, deskripsi sifat karakter, seperti huruf besar dan huruf keil, suatu kumpulan data referensi berkas computer, aturan normalisasi, dekomposisi, pembandingan (collation), serta penggambaran (rendering).

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...