Pages

2010/06/06

Software untuk Membersihkan sisa instalasi JRE

Tidak usah bingung
.


Risau akan versi JRE lama tak kunjung hilang, meski versi baru sudah terinstal? Atasi segera dengan menghapusnya secara otomatis, tentunya dengna aplikasi tertentu yang dikenal dengan nama JavaRa.

Proses upgrade versi aplikasi, pada umumnya dapat dipahami user untuk mengatasi kelemahan pada versi sebelumnya ataupun penambahan serta penyempurnaan fitur. Tentunya proses tersebut meliputi uninstall versi lama dan install versi baru, akan tetapi hal tersebut tidaklah demikian pada Java Runtime Environment.

Keseluruhan versi lama JRE tetap tersimpan dalam sistem, meski telah terinstal versi baru. Kondisi tersebut tentunya berbahaya karena celah yang ada pada beberapa versi lama tetaplah merupakan ancaman, bilamana di eksploit. JavaRa dikemas dalam sebuah file zip berukuran file 71,8 KB dan dapat diperoleh dari Raproducts.org


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Eksploit. Diartikan sebagai pemanfaatan kelemahan dari sebuah system untuk tujuan-tujuan di luar dari penggunaan normal. Kelemahan-kelemahan tersebut dapat berupa kesalahan pemrograman, yaitu sesuatu yang tidak diperkirakan oleh si programmer. Efek dari pemanfaatan kelemahan system tersebut dapat memberikan akses yang tidak terbatas kepada seluruh aspek dari sebuah system. Eksploit dapat dibagi menjadi dua, yaitu eksploit local dan eksploit remote. Eksploit local merupakan eksploit yang hanya bisa dijalankan jika kita sudah memiliki hak akses di dalam sistem tersebut (dapat melalui fasilitas login telnet, ttp). Eksploit yang lain adalah eksploit remote, dimana kita dapat mengeksploitasi system, tanpa perlu memiliki user maupun password pada sistem tersebut.

JRE. Java Runtime Environment adalah sebuah perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan semua aplikasi yang berbasis Java Platform. JRE banyak sekali digunakan ebagai plug ins web browser dan dalam berbagai program computer. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh JRE adalah kesalahan-kesalahan (exceptions) yang terjadi tidak akan membuat system menjadi crash atau hang. Kelebihan lainnya adalah terdapatnya komponen yang mampu merekam secara tepat waktu segala kesalahan yang terjadi ke dalam memory. Komponen ini dinamakan Automated Exception Handling.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...