Pages

2011/03/12

Versi Susah


Artikel sebelumnya: Kumpulan website dan aplikasi Papercraft yang perlu anda ketahui

Yang saya maksud dengan versi susah disini adalah Anda harus membuat dulu model paper craft, Anda harus menguasai salah satu dari beberapa aplikasi 3D modelling seperti 3Dsmax, Google Sketchup, AutoCad 3D, MetasequoiaLE, Lightwave, WaveFront, Blender, dan lain-lain

Bila Anda ingin aplikasi 3D modelling yang gratisan dan ukurannya kecil, Anda bisa memanfaatkan MetasequoiaLE yang dapat di Download dari metaseq.net dengan ukuran file sebesar 4,07 MB. Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat modelnya, karena itu terlalu panjang dan rumit, silahkan pelajari sendiri. Disini saya hanya memberikan penjelasan singkatnya saja.

1.Setelah di download, langsung ekstrak file mqle24.zip ke sembarang folder. Jalankan MetasequoiaLE langsung tanpa diinstal.

2.Bikinlah objek model yang Anda inginkan, lalu simpan dalam format MQO.

Selain MetasequoiaLE, Anda juga bisa menggunakan Google Sketchup yang lebih mudah. Google Sketchup bisa di downloa dari sketchup.google.com dengan ukuran file 40,1 MB. Sama seperti MeasequoiaLE, saya juga hanya akan memberikan penjelasan singkatnya saja.

1.Download lalu instal Google Sketchup seperti biasa.

2.Buat objek model 3D yang diinginkan, lalu simpan dalam format SKP.

Setelah membuat model 3D dengan salahs atu aplikasi di atas, untuk mengubahnya ke dalam bentuk cetak yang bisa digunting dan dilipat, dibutuhkan apliaksi lain lagi yang sayangnya bukan software gratisan. Aplikasi yang umum dipaakai untuk membaut papercaraft adlaah Pepakura Designer dan Ultimate Papercraft 3D. Akan kita bahas satu persatu.

Pepakura Designer bisa mengenali model-model 3D yang dibuat dengan Metasequoia (*.mqo), Wavefront (*.obj), 3D Studio (*.3ds), Lightwave (*.Iwo), AutoCAD (*.dxf), STL Binary format (*.stl), Google Earth 4 (*.kmz, *.kml), dan Hexa Great (*.6kt, *.6ks). Demo Pepakura Designer bisa di download dari tamasoft.co.jp dengan ukuran file 4,29 MB. Berikut dibawah ini adalah cara menggunakannya

1.Instal Pepakura Designer seperti biasa.

2.Sebagai contoh, saya akan me-load model 3D yang tadi dibut dengan menggunakan MetasequoialLE. Klik Menu File > Open, lalu arahkan ke file dengan ekstension MQO.

3.Setelah gambar model 3D-nya terbuka, klik pada tombol Unfold.

4.Di jendela sebelah kanan Anda akan melihat paper craft yang siap dicetak.

Bila Anda membeli software ini secara resmi, maka di website mereka akan disediakan berbagai macam model 3D yang siap dicetak.

Sedangkan untuk Ultimate Papecraft 3D bisa mengenali model 3D yang dibuat dengan menggunakan Autodesk (*.3DS), Autodesk (*.FBX), AutoCad (*.DXF), Collada (*.DAE), DirectX, Lightwave (*.LWO), WaveFront (*.OBJ), Metasequoia (*.MQO), Google SketchUp (*.SKP), Stereo Lithography (*.STL), dan Ultimate Unwrap3D (*.U3D0. Demo Ultimate Papercraft 3D bisa di download dari Papercraft3d.com dengan ukuran file 8,82 MB. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

1.Instal Ultimate Papercraft 3D seperti biasa.

2.Sebagai contoh, saya akan me-load model 3D yang dibuat dengan menggunakan Google SketchUp. Klik menu File > Open, lalu arahkan ke file dengan ekstension SKP.

3.Di jendela sebelah kanan akan terlihat model 3D-nya. Untuk membuat paper craft-nya, klik menu 2D Tools > Unfold model.

4.Di jendela Unfold Model, pilih Unfolding Path.

5.Maka di jendela sebelah kiri akan terlihat cetakan yang siap di print.

6.Kalau Anda malas membuatnya, Anda bisa mengunjungi 3dwarehouse untuk mendownload gratis model 3D yang dibuat menggunakan Google Sketchup.

Penutup, saran saya janganlah men-download model-model yang memiliki geometri rumit. Sebab Ultimate Papercraft 3D akan mengalami kesulitan dan paper craft yang dihasilkan akan semakin rumit dalam pengerjaannya.

- - - - - - - - - - -- - - - - - -

Google SketchUp. Aplikasi 3D modelling dari Google dan dirancang untuk digunakan di bidang arsitektural, sipil, film, game, dan bidang lain yang terkait. Sketch-Up awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama @Last Software yang kemudian diakuisisi oleh Google pada Maret 2006.

LightWave. Aplikasi komputer grafis yang dikembangkan oleh NewTek. LightWave dipakai untuk rendering gambar 3D baik animasi atau statik. Beberapa film yang memanfaatkan efek spesial dari Lighwave antara lain Babylon 5, Start Trek Voyager, Jimmy Neutron, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...