Pages

2011/02/17

Mencari Subtitle

Artikel sebelumnya: Kiat mengoptimalkan PC untuk Multimedia

Salah satu kendala dalam menikmati film, terutama oleh orang Indonesia, adalah tidak adanya terjemahan. Oleh karena itu, orang yang tidak memahami bahasa asing akan kesulitan mengikuti jalan cerita film yang ditonton. Bisa juga si penonton memahami bahasa asing, tetapi dialog yang diucapkan oleh sang aktor/aktris terdengar tidak jelas atau terlalu cepat.

Subtitle menjadi solusi yang bisa menjawab masalah tersebut. Subtitle biasanya dibuat oleh pecinta film atau komunitas dan bisa dipakai secara gratis. Mencari subtitle boleh dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena banyak sekali website yang menyediakan subtitle yan gkita temukan belum tentu sinkron dengan filmnya, kata yang muncul tidak tepat dengan pengucapannya, atau bahkan salah penerjemahan.

Untuk mencari subtitle, Anda bisa memanfaatkan website seperti opensubtitles.org , subscene.com , addic7ed.com , dan sub.to . Disini saya contohkan salah satunya.

1.Buka opensubtitles.org . Tulis judul filmnya dan pilih bahasa subtitle-nya.

2.Akan ditampilkan beberapa versi subtitle. Pilihlah subtitle yang paling sering di download karena biasanya itu yang paling mendekati akurat.

3.Setelah di download, ekstrak file ZIP-nya ke folder yang sama dengan folder yang berisi file videonya. Kemudian, rename file subtitle yang biasanya berekstension .SRT sama dengan file videonya. Sebagai contoh, file video Anda bernama “Mandi Kembang.avi”, maa file SRT-nya juga harus diberi nama Mandi kembang.srt.

4.Tinggal jalankan saja file videonya dengan media player favorit Anda karena biasanya media player sudah bisa secara otomatis mengenali subtitle.

Nah, bila ternyata subtitle yang Anda cari tidak enak untuk dinikmati, Anda harus mencarinya satu per satu hingga menemukan subtitle yang pas. Kasus yang sering ditemui dalam subtitle bahasa Indonesia adalah terjemahannya yang ngawur atau menggunakan kosakata bahasa Melayu seperti bahasa Malaysia.


- - - - - - - -- - - - - - - - - -- - -


.srt. Format file yang biasanya dipakai untuk file yang akan dijadikan subtitle eksternal file video. Srt merupakan format file yang paling sering digunakan walaupun bukan Cuma srt yang bisa diguankan sebagai format file untuk subtitle film. Di Internet, bertebaran aplikasi gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat file yang bertipe srt.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...