Pages

2010/10/08

Menormalkan volume MP3 bila memiliki kekuatan lagu yang berbeda-beda


MP3Gain 1.2.5


Pernahkah telinga tiba-tiba terasa sakit karena volume lagu yang tinggi, saat mendengarkan kumpulan file-file lagu favorit Anda?

Kumpulan file lagu yang dimiliki seseorang dapat diperoleh dari tempat berbeda. Biasanya masing-masing dari file lagu tersebut memiliki kekuatan volume tersendiri. Nah, apa jadinya bila file-file lagu tersebut digabungkan dalam satu daftar playlist. Tentunya tidak nyaman bila kita mendengarkan alunan lagu yang volumenya berbeda-beda dan harus menyesuaikan volume agar tidak sakit telinga secara mendadak.

Anda dapat melakukannya dnegna mudah melalui proses yang dikenal dengan normalisasi dimana kumpulan lagu tersebut akan disamakan volumenya sehingga selaras. Aplikasi yang dapat digunakan untuk proses normalisasi, salah satunya adalah MP3Gain 1.2.5. Anda dapat mudah memperolehnya dengan meng-download gratis di prdownloads.sourceforge.net dengan ukuran file 652 KB

Berikut di bawah ini tutorial penggunannya :

1.Download, ikuti tahpan instalasi hingga selesai.

2.Jalankan, dan tentukan file atau folder lagu yang ingin dilakukan, normalisasi terlebih dahulu. Untuk menyeleksi beberapa file pada folder, klik tombol Add Files, sedangkan untuk seleksi folder keseluruhan, klik Add Folder.

3.Anda dapat memilih proses normalisasi berdasarkan track ataupun album. Secara defaultyi, untuk normalisasi volume tercantum 89 dB, namun Anda dapat mengubahnya sendiri sesuai keinginan. Anda harus mendahulukan proses analisis sebelum gain. Untuk memulai, klik tombol Track Anlysis atau Album Analysis. Kemudian lanjutkan dengna mengklik tombol Track Gain atau Album Gain.

4.Jika Anda berubah pikiran dengan proses normalisasi yang telah dilakukan dan ingin mengembalikan kondisi file seperti semula, dapat dilakukan dengan meng-klik menu File, Undo Gain Changes.

- - - - - - - - - - - - - - - - -- - - - - -


dB. Atau decibel (Lambang Internasional = dB) adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Satu decibel ekuivalen dengan sepersepuluh Bel. Huruf "B" pada db ditulis dengan huruf besar karena merupakan bagian dari nama penemunya, yaitu Bell. Desibel juga merupakan sebuah unit logaritmis uantuk mendeskripsikan suatu rasio. Rasio tersebut dapat berupa daya (power), tekanan suara (sound pressure), tegangan atau voltasi (voltage), intensitas (intencity), atau hal-hal lainnya. Terkadang, dB juga dapat dihubungkan dengan Phon dan Sone (satuan yang berhubungan dengan kekeraan suara). Untuk mengukur rasio dengan menggunakan dB dapat digunakan logaritma.

Playlist. Daftar beberapa lagu yang akan dimainkan atau yang akan diputar. Dengna menyimpan playlist kita tidak perlu bersusah-payah menambah lagu ketika hendak memutarnya, cukup pilih menu playlist yang telah kita simpan maka lagu kesukaan bisa langsung didengarkan.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...