Pages

2010/08/22

Windows 7: Bermain registry lewat Command Line

Banyak jalan menuju Roma
.


Ada beberapa scenario dimana pengguna Windows harus menggunakan command line untuk mengakses registry, bukan menggunakan fasilitas registry editor yang seperti biasanya. Beberapa scenario tersebut di antaranya bisa berupa saat terserang virus sehingga akses ke registry editor diblok oleh virus.

“Banyak jalan menuju Roma”. Seandainya registry tidak bisa diakses melalui Windows maka begitulah caranya mengakses registry melalui command line.

1.Buka Command line dari kotak Run dengan menuliskan perintah cmd.

2.Tulis perintah Re /?, untuk menampilkan semua opsi yang ada.

3.Sekarang, kita akan mencoba menghapus sebuah registry key. Perintah dasarnya adalah reg delete keyname parameters. Contohnya, kita kan menghapus sebuah key yang ada di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWRE\acer maka perintah di command line-nya adalah reg delete HKLM\Software\acer. Di pertanyaan yang muncul, ketik Yes.

4.Kita akan mencoba menambahkan sebuah registry key. Perintah dasarnya adalah reg add keyname valuename paramters. Contohnya, kita akan menbamkan sebuah key di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\tes maka perintah di command line-nya adalah reg add HKLM\Software\tes.
- - - - - - - - - - - - - - -

Registry Editor. Editor untuk registry Windows. Untuk melakukan perubahan pada windows, Anda perlu menggunakan program regedit. Registry memiliki strukutr hirarki, seperti folder-folder yang terdapat di dalam disk volume. Root pada registry terbagi atas 6 percabangan level teratas (root key). Berikut ini penjelasan singkat dari keenam root keys tersebut: HKEY_CLASSES_ROOT menangani semua jenis file yang ada di Windows dan menyimpan setting software. HKEY_USER menangani semua informasi user yang aktif serta menangani setting control panel pada sistem operasi windows. HKEY_CURRENT_USER menangani satu informasi user yang katif pada sistem operasi windows. HKEY_LOCAL_MACHINE memuat informasi tentang hardware yang dipakai pada computer tersebut. HKEY_CURRENT_CONFIG untuk mencatat konfigrasi sistem yang ada. HKEY_DYD_DATA untuk mengetahui tingkat kinerja suatu sistem dan dalam jaringan.
Command line. Prompt utama pada sebuah sistem computer adalah command line (yang diakhiri tanda-tanda seperti $, %, atau >). Lebih luas lagi, setiap kali seorang pengguna dapat mengetikkan perintah untuk computer, apakah pada prompt sistem operasi atau dalam program, inilah yang dimaksud sebagai “command line”. Anda dpaat mengetikkan perintah pada MS-DOS prompt, comman prompt, atau dalam kotak dialog Run pada Windows Explorer. Interface yang lebih mengharuskan Anda untuk mengetikkan perintah dari pada memilih dari menu sering disebut command line interface. MS-DOS emmpunyai command line interface, sementara Macintosh tidak.
HKEY_LOCAL_MACHINE. Menyimpan infomrasi/data mengenai semua konfigurasi computer yang bersangkutan. HKLM bukanlah symbolic link ke kunci registry manapun.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...