Pages

2010/08/22

Menjalankan aplikasi DOS dengan Tambahan GUI

Mudah diakses
.


Lelah menggunakan DOS interface tiap kali menjalankan aplikai berbasis command line? Atasi dengan aplikasi tambahan pelengkap DOSBox yang dikenal dengan DOSShell

Umumnya, user enggan untuk menggunakan aplikasi berbasis command line pada sistem operasi modern saat ini, karena harus tetap menggunakan interface DOS sekalipun melalui aplikasi emulator seperti DOSBox. Untuk menghindari penggunaan interface DOS meski telah menggunkan DOSBox, user harus menggunakan tambahan aplikasi lain, yang dikenal dengan nama DOSShell 1.7.

Aplikasi-aplikasi yang berbasis comman line tersebut tampak rapi terkelompok, mudah diakses melalui tab, dan mudah dijalankan dengan double klik mouse. Tak ada lagi user yang frustasi terhadap penggunaan dos interface aplikasi berbasis command line, beserta parameter-parameter di dalamnya. Installaer DOSShell berukuran 313,54 KB dapat di download dari Download.cnet.com.

1.Penting untuk melakukan instalasi DOSBox terlebih dahulu, sebelum memulai konfigurasi ataupun penggunaan DOSShell. DOSBox dapat di download dari alamat website Dosbox.com.

2.Instal dan jalankan DOSShell dari start menu.

3.Diawal aplikasi dijalankan, user akan menemui pesan himbauan untuk menentukan folder lokasi aplikasi DOSBox terinstal. Klik menu Edit – Preference. Pada jendela Preferences, pilih patch folder aplikasi DOSBox pada jendela dialog open, dengan mengklik tombol browse.

4.Tambahkan aplikasi yang ingin ditangani DOSShell dengan mengklik tombol plus. Sebagai contoh aplikasi DOS, Anda bisa men-downloadnya di alamat website Zenimax.com.

5.Pada jendela dialog Add new entry, tentukan path aplikasi dan path icon-nya, diikuti dengna mengisi field name, group, parameter dan description dengan input-an teks.

6.Jalankan aplikasi yang telah dikelompokkan dengan double klik ataupun Run Application.
- - - - - - - - - - - - - - - - -

DOS. Disk Operating Sistem adalah keluarga sistem operasi yang digunakan pada komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generic bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.
Emulator. Aplikasi yang memungkinkan suatu program yang awalnya dibuat di suatu sistem komputer (arsitektur dan sistem operasi) untuk dapat dijalankan dalam sistem komputer yang sama sekali berbeda. Sebagai contoh, suatu program Windows dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan emulator WINE.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...