Pages

2011/02/15

Kinerja BlackBerry OS dalam merebut pasar mobile phone di seluruh dunia


BlackBerry OS
Pengembang: RIM (Research in Motion)
Diprogram dalam: C++
Versi terakhir: 6.0 (Agustus 2010).

Sistem operasi BlackBerry dikhususkan untuk seri smartphone BlackBerry produksi Research in Motion. Smartphone tersebut dilengkapi dengan trackwhell trackball / trackpad. Platform BlackBerry dikenal sebagai platform terbaik untuk dukungan terhadap corporate e-mail melalui MIDP (Mobile Information Device Profile). Selain itu, platformnya memungkinkan sinkronisasi secara nirkabel dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell Groupwise, baik untuk pesan e-mail, kalender, tasks, notes, maupun kontak.

Versi terakhir Blackberry OS digunakan pada Black Berry Torch 9800 slide yang dirilis pada bulan Agustus 2010. Versi itu juga teredia pada BlackBerry Bold 9700 Onyx dan BlackBerry Pearl 3G.
Beberapa fitur yang menjadi keunggulan BlackBerry antara lain preview notifikasi (melihat cuplikan notifikasi tanpa membuka aplikasi), menu Context Sensitive (yang diaktifkan dengan menahan klik selama beberapa detik), web browser yang mendukung CSS dan HTML5, integrasi social feed, media player, dan multitouch (seperti halnya pada iPhone).


Penutup

Saat tulisan ini ditulis, Samsung mengumumkan rilis terbaru sistem operasi terbarunya, yaitu Bada OS 2.0. Beberapa fitur andalan OS Bada antara lain NFC (Near Field Communication), multitasking, user interface yang menarik, dan dukungan aplikasi jejaring sosial. Tampaknya Samsung juga ingin menunjukkan kepada Mobile OS lain yang telah populer bahwa OS Bada merupakan OS yang tidak bisa dipandang enteng. Sampai beberapa tahun ke depan, kita akan menyaksikan bagaimana mobile OS saling meningkatkan kualitas fiturnya demi memenangkan pasar mobile phone.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...