Pages

2011/02/15

Kinerja Android dalam merebut pasar mobile phone di seluruh dunia

Artikel sebelumnya: Kinerja Mobile Operating System besar dalam merebut pasar mobile phone di seluruh dunia

Android
Pengembang: Google Inc
Diprogram dalam: C, C++ (untuk beberapa library) dan Java (user Interface).
Versi terakhir: 2.3.1 (Desember 2010).

Tahun 2005 adalah tahun keemasan bagi Google karena pada tahun tersebut, situs Google.com menjadi situs paling populer sejagad maya. Nilai saham Google yang terus meningkat membuat perusahaan itu memiliki sumber daya finansial yang melimpah untuk mengembangkan proyek selain situs mesin pencari. Karena itulah pada Juli 2005 Google membeli perusahaan kecil yang bernama Android. Inc. Android, Inc dibeli untuk mengembangkan sistem operasi berbasis Kernel Linux.

Android versi beta dirilis kali pertama pada bulan Agustus 2008. Enam bulan kemudian, muncul versi 1.1. Smartphone pertama yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya adalah T-Mobile G1 atau HTC Dream yang diproduksi oleh HTC. Dua tahun kemudian, yaitu pada 2010, Google mendesain dan memasarkan dua smartphone berbasis Android, yaitu Nexus One (diproduksi oleh HTC) dan Nexus S (diproduksi oleh Samsung).


Hal menarik dari sistem operasi Android adalah ketersediaan aplikasi (app) di Android Market. Di website tersebut, user dapat men-download berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Pada Desember 2010 tercatat lebih dari dua ratus ribu game, aplikasi, dan widget. Minat user terhadap aplikasi-aplikasi tersebut pun sangat bagus karena pada bulan yang sama, total download –an mencapai 2,5 miliar.

Fitur-fitur sistem operasi Android secara umum antara lain sebagai berikut:


  • Layout untuk handset dapat dioperasikan pada berbagai display, VGA, serta grafik 2D dan grafik 3D dengan library OpenGL ES.
  • Basis data yang digunakan adalah SQLite.
  • Web browser yang tersedia adalah WebKit digabung dengan Javascript engine Chrome V8.
  • Dukungan format audio/video antara lain WebM, MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB, AAC, HE-AAC (pada MP4 atau 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, dan BMP.
    Android Market yang memungkinkan user untuk men-download aplikasi tanpa menggunakan PC.
  • Pencarian berbasis suara

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...