Pages

2011/02/04

Cari DNS Tercepat

Artikel sebelumnya: Apa yang bisa dilakukan ?

DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima e-mail untuk setiap domain. DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilaman perangkat keras computer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.

Pertanyaannya tentu saja, kenapa shi kita harus repot-repot mencari DNS, padahal ISP yang kita pakai sudah menyediakan DNS. Jawabannya adlaah karena belum tentu DNS yang disediakan oleh ISP kemampuannya cepat. Ada banyak DNS gratisan yang memberikan kemampuan lebih baik daripada DNS yang disediakan oleh ISP.

Untuk mencari DNS tercepat, kita membutuhkan bantuan sebuah freeware bernama Name Bench yang bisa di download dari code.google.com dengan ukuran file 4,98 MB. Saat menjalankan tes, usahakan jangan ada aplikasi lain yang juga turut menggunakan koneksi Internet.

1.Setelah di download, langsung jalankan Name Bench. Di bagian Nameservers, masukkan DNS yang saat ini sedang Anda pakai.

2.Bila Anda tidak tahu DNS yang dipakai, bukan command prompt, lalu tulis perintah ipconfig /all. Keterangan DNS ada di bagian DNS Servers.

3.Biarkan opsi yang lain sesuai default-nya. Klik Start Benchmark.

4.Setelah benchmark selesai, maka akan ditampilkan rekomendasi DNS yang bisa dipakai.

5.Untuk mengganti DNS Anda, di Control Panel buka Network and Sharing Center.

6.Pilih koneksi yang Anda pakai, di jendela yang muncul, klik Properties

7.Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4.

8.Pilih opsi Use the following DNS server addresses, dan isi dengan DNS yang direkomendasikan oleh Name Bench.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...