Pages

2010/08/24

Ekstensi Populer untuk Mozilla Firefox

Mendongrak popularitas
.


Salah satu faktor yang menyebabkan Firefox cukup popular adalah ketersediannya di berbagai platform, seperti GNU/Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, dan berbagai sistem operasi Unix like yang lain. Faktor apalagi yang mendongkarak popularitas Firefox?

Firefox sebenarnya merupakan salah satu software produksi Mozilla. Mozilla sendiri merupakan suatu komunitas yang terdiri dari para pengembang untuk membuat software-software open source yang berkualitas. Selain Firefox, beberapa software produksi dari Mozilla, antara lain Camino (web browser yang dioptimasi untuk Mac OS X dengan user interface Cocoa), Lightning and Sunbird (kalender, penjadwalan, dan pengaturan tugas-tugas), Seamonkey (Mozilla application suite), dan Thunderbird (e-mail client).

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Firefox, antara lain tabbed, browsing, spell checking, incremental find, live bookmarking, download manager, private browsing, location aware browsing (atau disebut juga geolocation) berdasarkan layanan Google, dan sistem pencarian terintegrasi menggunakan standar Google. Selain fitur tersebut, fungsi tambahan dapat diberikan dengan menggunakan add-ons sehingga membuat Firefox lebih dari sekedar browser biasa. Add-ons yang dibuat baik oleh Mozilla sendiri maupun dibuat oleh pihak ketiga, telah menarik perhatian banyak pengguna Firefox, sehingga mereka menjadi pengguna fanatik dari browser ini.

Berberapa add-ons yang cukup popular dan berguna bagi Anda pengguna Mozilla Firefox, antara lain :

Adblock Plus 1.1.3 : Menghilangkan Iklan pada Mozilla Firefox Anda

Personas 1.5.2 : Mengubah tampilan Firefox dengan mudah

Video DownloadHelper 4.7.2 : Download Video streaming pada Mozilla dengan mudah

FoxTab 1.3 : Menampilkan layout Firefox dalam bentuk 3D

Weave Browser Sync 1.1 : Add-on Privasi yang aman bagi pengguna Mozilla Firefox

RSS Ticker 3.0.4 : Add-on Mozilla Firefox bagi penggemar berita

Twitter Bar 2.9.2 : Meng-update Twitter di Mozilla secara mudah

Karena add-on diproduksi oleh berbagai pihak maka ada kemungkinan terjadi crash atau ketidak kompatibelan sehingga Firefox tidak dapat berjalan dengan baik (atau malah tidak dapat dijalankan sama sekali). Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat menjalankan Firefox secara safe mode untuk menonaktifkan semua add-on, dan mengembalikan ke theme default (biasanya, Firefox Safe Mode dapat diakses pada Run: firefox – safe mode). Setelah Firefox dijalankan pada safe mode. Anda dapat mulai melakukan pengecekan untuk add-on yang berpotensi menimbulkan kerusakan, dan meng-uninstall-nya. Salah satu tip untuk menghindari crash antar add-on ini adalah selalu meng-update add-on dengan versi terbaru.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...