Pages

2011/01/13

Instalasi Font




Di Windows

Windows mendukung font-font dalam format TrueType, OpenType, PostScript type 1, dan bitmap font. Instalasi font di Windows sangatlah mudah, apalagi di Windows 7. Tidak banyak langkah yang musti dikerjakan.

1.Klik kanan file font-nya, lalu pilih Install.

2.Atau bisa juga dengan mengklik dua kali file font-nya, lalu klik Install.

3.Jika Anda ingin melihat, men-delete atau melakukan aksi lain dengan font yang ada di system, maka buka Control Panel > Appearance and Personalization. 

4.Kemudian pilih Preview, delete, or show and hide fonts.

5.Dari situ, Anda bisa melihat seperti apa font’nya, menghapusnya atau menyembunyikannya. 


Di Linux

Untuk melakukan instalasi font di Linux, pada dasarnya sama saja dengan di Windows. Saya akan mencontohkan dengan menggunakan Ubuntu 10.04:

1.Buka file font Anda, lalu klik kanan, dan pilih Open with Font Viewer.

2.Di jendela yang muncul, klik Install Font. Kemudian, bagaiaman caranya menginstal font milik Microsoft, seperti Times New Roman, rial, Comic Sans, dan sebagainya? Sebab secara default, Ubuntu tidak menyediakan font-font tersebut, sementara font-font itu banyak dipakai di dokumen atau website. 

Beginilah caranya:

1.Klik Applications > ubuntu Software Center.

2.Lalu, cari item bernama Installer for Microsoft TrueType core fonts. Bila sudah ketemu, klik Install. 

3.Masukkan password root bila di minta.

4.Font akan di download. Lamanya tentu saja tergantung dari kecepatan koneksi Internet Ana. Setelah selesai, coba buka OpenOffice, dan periksa hasilnya.


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

TrueType. Format standar font yang dikembangkan oleh Apple Computer pada akhir tahun 1980an sebagai pesaing font Adobe Type 1 yang digunakan pada PostScript. Kekuatan utama True Type terletak pada presisi font saat diperbesar.

OpenType. Format untuk scalable font computer. Dibangun berdasarkan pendahulunya, yaitu TrueType, yang mempertahankan struktur dasar TrueType dan menambahkan banyak struktur data yang rumit untuk menggambarkan tipografinya OpenType adalah merek dagang terdaftar dari Microsoft.

PostScript. Page description language yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Postcript sebagai bahasa primer dalam mencetak dokumen untuk printer laser, dan dapat disesuaikan untuk memproduksi gambar. Postcript juga bahasa yang distandarisasi untuk desktop publishing karena mendukung cetakan dengan resolute tiggi. Hal ini menguntungkan bagi objek berorientasi vector grafis. PostScript sendiri diciptakan tahun 1982 oleh John Warnock dan Charles Geschke sebagai rangkaian bahasa program yang dinamis. Ada tiga versi dasar Postcript yakni Poscript Level 1. Poscript Level 2 dan Postcript Level3. Tingkatan itu menunjukkan perkembangan dan dukungan teknologi yang makin disempurnakan. PS level 3 lahir tahun 1997 yang mendukung berbagai macam jenis font, lebih baik dalam menangani grafis termasuk beberapa fitur yang mampu mempercepat proses cetak.

Ubuntu Software Center. Dulu dikenal dengan nama Ubuntu Software Store, merupakan aplikasi berbasis GTK+ yang dibuat sebagai aplikasi front-end dari Advanced Packaging Tool (APT) untuk system manajemen paket Debian. Aplikasi ini dapat diguankan untuk menginstal dan menguninstall paket software dan dapat digunakan untuk menambah repository. Pada menu utama aplikasi ini, tersedia sejumlah kategori paket software yang dapat dengan mudah diinstall / diuninstall oleh para penggunanya.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...