Pages

2010/12/24

Beberapa hal yang menjadikan Mac berbeda dengan PC

Antara lain


Artikel sebelumnya: Komputer Mac adalah sebuah PC

1.Sistem operasi dan software
Secara standar, computer Mac dijalankan dengan menggunakan sistem operasi OS X. Sistem operasi ini kali pertama dikeluarkan pada tahun 2001, dan saat ini versi terbarunya adalah 10.3 dengan code name Snow Leopard. Sementara jika dipaksakan untuk menginstal Mac OS X pada komputer Windows, kinerja hardware maupun software menjadi tidak optimal karena hardware dan software Mac dirancang bekerja dengan optimal menggunakan sistem operasi OS X.

Untuk PC yang bukan produk Apple, kebanyakan sistem oeprasi yang digunakan adlaah Windows. Namun, system operasi OS X juga dapat diinstal di dalamnya (kita kenal sebagai Hackintosh), walaupun tindakan ini melanggar End User License Agreement dari Mac OS X. Perbedaan system operasi pada computer Mac dan computer PC/Windows, tentu membuat program-program yang dapat dijalankan pada masing-masing system operasi tidak kompatibel satu sama lain. Namun, dengan meningkatnya popularitas computer Mac, vendor-vendor software mulai memproduksi software-nya tidak hanya untuk versi Windows, namun juga disediakan versi Mac.

2.Hardware Customization

Hal yang wajar ketika kita melakukan upgrade untuk PC, seperti menambah RAM, menganti graphic card, menambah harddisk, atau CD/DVD ROM. Namun pada komputer Mac, hardware customization yang dapat dilakukan terbatas pada upgrade RAM dan kapastias harddisk (perkecualian pada produk Mac Pro).

Hal lain yang membedakan antara PC/Windows dengan Mac adalah keamanan terhadap virus komputer. TIdak banyak virus komputer yang ditargetkan untuk computer Mac. Kemungkinan disebabkan karena popularitas computer Mac yang amsih kalah dengan PC/Windows.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...